PENGARUH KREDIBILITAS YOUTUBER TERHADAP SIKAP PENONTON PADA CHANNEL YOUTUBE ATTA HALILINTAR (Studi Kuantitatif pada Penonton Youtube Atta Halilinar di Instagram @_ateam.ofc)

  • Rahma Nur Fathiyyah Universitas Telkom
  • Nofha Rina Universitas Telkom

Abstract

Saat ini, internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap masyarakat. Menurut survei The Manifest pada tahun 2018, disebutkan bahwa media sosial yang paling sering digunakan secara global adalah Youtube. Ini membuat youtuber, terutama di Indonesia, bersaing untuk mendapatkan keuntungan, baik manfaat materi dalam bentuk uang maupun manfaat non-materi seperti popularitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kredibilitas youtuber terhadap sikap audiens. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kredibilitas youtuber dengan dimensi kepercayaan, keahlian, dan daya tarik. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah sikap audiens dengan dimensi kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penulis menentukan sampel menggunakan teknik probability sampling, dengan responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah analisis data deskriptif, uji normalitas, uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, kredibilitas youtuber memiliki pengaruh terhadap sikap audiens.  Ini  dibuktikan dengan t-hitung  (14,476)> ttabel (1,660). Berdasarkan koefisien determinasi, kredibilitas youtuber memiliki efek 68,1% pada sikap audiens.

Published
2019-10-31
How to Cite
FATHIYYAH, Rahma Nur; RINA, Nofha. PENGARUH KREDIBILITAS YOUTUBER TERHADAP SIKAP PENONTON PADA CHANNEL YOUTUBE ATTA HALILINTAR (Studi Kuantitatif pada Penonton Youtube Atta Halilinar di Instagram @_ateam.ofc). Journal Acta Diurna, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 98 - 118, oct. 2019. ISSN 1412-6443. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2135>. Date accessed: 26 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.2.2135.
Section
Articles