MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DI TENGAH PERSAINGAN BANK SYARIAH DI ACEH (Studi Analisis Costumer Retention PT. LKMS MAHIRAH MUAMLAH SYARIAH Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Di Kota Banda Aceh)

  • Deni Yanuar Universitas Syiahkuala
  • Munzir Munzir Universitas Syiahkuala

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi retensi pelanggan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan di PT. LKMS Mahirah Muamalah Syariah Kota Banda Aceh. PT. LKMS Mahirah Muamalah Syariah adalah lembaga keuangan mikro di kota Banda Aceh untuk meningkatkan perekonomian, terutama di kota Banda Aceh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kredibilitas Sumber. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi retensi pelanggan dalam menjaga loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan adalah analisis data dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara semi terstruktur kepada direktur PT. LKMS Mahirah Muamalah Syariah Kota Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran strategi retensi pelanggan telah dilakukan oleh direktur PT. LKMS Mahirah Muamalah Syariah Kota Banda Aceh sehingga mempengaruhi loyalitas pelanggan kepada institusi.

Published
2019-10-31
How to Cite
YANUAR, Deni; MUNZIR, Munzir. MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DI TENGAH PERSAINGAN BANK SYARIAH DI ACEH (Studi Analisis Costumer Retention PT. LKMS MAHIRAH MUAMLAH SYARIAH Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Di Kota Banda Aceh). Journal Acta Diurna, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 64 - 75, oct. 2019. ISSN 1412-6443. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2133>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.2.2133.
Section
Articles