KEARIFAN LOKAL LINGKUNGAN KOMUNIKASI REMBUG DESA DALAM MENJAGA KELESTARIAN HUTAN DI KESATUAN PEMANGKUAN HUTAN (KPH) BANYUMAS TIMUR

  • Ch. Herutomo Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Salah satu kearifan lokal lingkungan dalam menjaga kelestarian  hutan adalah komunikasi rembug desa     yang dimiliki oleh masyarakat hutan khususnya di Pulau Jawa. Dalam komunikasi rembug desa sebagai lembaga demokrasi masyarakat desa hutan masyarakat punya kebebasan berbicara dengan spontan, humor tanpa distorsi dan keputusan diambil melalui musyawarah dan mufakat. Kearifan lokal sebagai nilai sosial budaya masyarakat desa hutan diwariskan secara turun temurun itu dapat membina  hubungan yang harmonis anatara masyarakat desa hutan dengan hutan. Hubungan yang harmonis itu ditunjukkan dengan prilakunya sebagai penjaga hutan, mereka sadar bahwa hutan merupakan bagian dari   ekosistem. Mereka akan hidup nyaman bila hutan aman sebaliknya akan hidup sengsara bila hutan mengalami kerusakan.

Published
2019-10-31
How to Cite
HERUTOMO, Ch.. KEARIFAN LOKAL LINGKUNGAN KOMUNIKASI REMBUG DESA DALAM MENJAGA KELESTARIAN HUTAN DI KESATUAN PEMANGKUAN HUTAN (KPH) BANYUMAS TIMUR. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 52 - 63, oct. 2019. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2132>. Date accessed: 14 july 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.2.2132.
Section
Articles