MAKNA CANTIK DALAM IKLAN TELEVISI PRODUK CITRA VERSI “PEARLY WHITE UV ESSENCE CREAM”

  • Ayu Mispa Putri Universitas Telkom
  • Arie Prasetio Universitas Telkom

Abstract

Konsep cantik dalam iklan memberi makna dari alur cerita yang ditayangkan. Seperti iklan Televisi produk Citra, setiap adegan pada iklan “Citra Pearly White UV Essence” mengandung elemen yang memiliki makna, mulai dari bunyi, gerakan, kata-kata, dan visualnya. Iklan kecantikan biasanya menampilkan seorang wanita yang memiliki tubuh indah, kaki panjang, kulit putih mulus dan indah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol atau tanda dan makna kecantikan dalam produk kecantikan Citra versi “Pearly White UV Essence Cream” di televisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan data dianalisis dengan menggunakan model Semiotik Charles Sanders Pierce yang menghasilkan data seperti kecantikan yang dimiliki oleh seorang wanita berkulit putih, yang ditampilkan pada setiap tanda pada adegan yang dipotong, seperti tubuh, rambut, wajah hingga atribut yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana iklan Citra menggambarkan kecantikan yang dimiliki oleh wanita berkulit putih. Arti kecantikan dalam iklan Citra versi “Pearly White UV Essence” adalah kecantikan modern, kecantikan religius dan kecantikan yang sehat.

Published
2019-10-31
How to Cite
PUTRI, Ayu Mispa; PRASETIO, Arie. MAKNA CANTIK DALAM IKLAN TELEVISI PRODUK CITRA VERSI “PEARLY WHITE UV ESSENCE CREAM”. Journal Acta Diurna, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 38 - 51, oct. 2019. ISSN 1412-6443. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2131>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.2.2131.
Section
Articles