MAKNA CANTIK DALAM IKLAN TELEVISI PRODUK CITRA VERSI “PEARLY WHITE UV ESSENCE CREAM”
Abstract
Konsep cantik dalam iklan memberi makna dari alur cerita yang ditayangkan. Seperti iklan Televisi produk Citra, setiap adegan pada iklan “Citra Pearly White UV Essence” mengandung elemen yang memiliki makna, mulai dari bunyi, gerakan, kata-kata, dan visualnya. Iklan kecantikan biasanya menampilkan seorang wanita yang memiliki tubuh indah, kaki panjang, kulit putih mulus dan indah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol atau tanda dan makna kecantikan dalam produk kecantikan Citra versi “Pearly White UV Essence Cream” di televisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan data dianalisis dengan menggunakan model Semiotik Charles Sanders Pierce yang menghasilkan data seperti kecantikan yang dimiliki oleh seorang wanita berkulit putih, yang ditampilkan pada setiap tanda pada adegan yang dipotong, seperti tubuh, rambut, wajah hingga atribut yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana iklan Citra menggambarkan kecantikan yang dimiliki oleh wanita berkulit putih. Arti kecantikan dalam iklan Citra versi “Pearly White UV Essence” adalah kecantikan modern, kecantikan religius dan kecantikan yang sehat.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).