KONSUMERISME PREWEDDING (Strategi Komunikasi Bisnis Industri Foto Prewedding)

  • Ariesta Amanda UNU Purwokerto
  • Ariesta Amanda UNU Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi fenomena foto prewedding sebagai salah satu tren yang kini mempunyai massa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dengan didukung kajian literatur yang berlokasi di Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pelaku industri foto prewedding, pelaku prewedding, dan masyarakat. Analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan data, triangulasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran tren foto prewedding tidak terlepas dari pelebaran bisnis foto pernikahan. Para pelaku industry foto menawarkan media representasi yang mampu membentuk wujud kesempurnaan diri serta mampu memfasilitasi ruang privat dalam wujud foto prewedding dengan menggunakan strategi komunikasi bisnis untuk menarik massa. Mix strategi yang dilakukan yaitu dengan menggunakan media sosial sebagai pendukung dalam pemasaran foto prewedding. Perspektif ekonomi industri foto melihat pasangan calon pengantin sebagai komoditas. Foto prewedding mampu meleburkan kelas sosial dalam masyarakat dan merubah sistem nilai tradisional masyarakat dengan jalan memanipulasi perspektif dalam melihat dirinya dalam sebuah bingkai foto.

Published
2019-04-30
How to Cite
AMANDA, Ariesta; AMANDA, Ariesta. KONSUMERISME PREWEDDING (Strategi Komunikasi Bisnis Industri Foto Prewedding). Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 81 - 95, apr. 2019. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/1577>. Date accessed: 02 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.1.1577.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.