STUDI SEMIOTIKA VIDEO KAMPANYE “AHOK PASTI KALAH”

  • Rafael Reza Fahlevy Universitas Gunadarma
  • Widyo Nugroho Universitas Gunadarma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam video Cameo Project yang berjudul “Ahok Pasti Kalah”. Video yang di unggah pada tanggal 9 februari 2017 yang merupakan bentuk kampanye untuk mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot dalam pemilihan umum calon Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Semiotika Saussure mengemukakan bahwa penanda (signifier) adalah simbol yang terdapat pada semua pesan yang disampaikan dan tanda itu sendiri pasti memiliki makna atau disebut petanda (signifier). Hasil analisis yang ditemukan peneliti antara lain, adanya penggunaan Clickbait pada pemberian judul dengan tujuan menaikan views, serta pesan yang terkandung dalam video Ahok Pasti Kalah yaitu pencitraan positif Ahok sebagai Gubernur yang dibutuhkan oleh masyarakat DKI Jakarta.

Published
2018-10-30
How to Cite
FAHLEVY, Rafael Reza; NUGROHO, Widyo. STUDI SEMIOTIKA VIDEO KAMPANYE “AHOK PASTI KALAH”. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 1 - 14, oct. 2018. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/1341>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2018.14.2.1341.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.