Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era Ekonomi Asean

  • Nito Fathur Rahaman Jhon
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/1.wk.2024.14.2.7751

Abstrak

Abstrak: Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya khususnya pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan penelitian ini secara umum mendeskripsikan dampak digital marketing terhadap volume penjualan bagi pelaku UMKdi kota Jakarta. Penelitian ini berjenis kualitatif, dengan menggunakan model triangulasi, yang menggabungkan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku UMKM yang terdaftar aktif di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar – Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota. Dari hasil penelitian diketahui bahwa digital marketing memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UKM.


Kata kunci :  komunikasi Pemasaran Digital, UMKM, Manajemen Pemasaran

Diterbitkan
2024-11-04
##submission.howToCite##
RAHAMAN, Nito Fathur. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era Ekonomi Asean. Widya Komunika, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 65-73, nov. 2024. ISSN 2686-1968. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/7751>. Tanggal Akses: 09 may 2025 doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2024.14.2.7751.