EFEKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PEMBENTUKAN CITRA ORGANISASI HIMAKOM UNIVERSITAS NASIONAL

  • Nadya Tantri Utami Universitas Nasional
  • Shopyana Fatikhasari
  • Vida Azizah

Abstract

Kajian ini berfokus pada efektivitas Cyber–Public Relations di media sosial yang diterapkan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Nasional. HIMAKOM merupakan organisasi internal Universitas Nasional. Berdiri pada 4 Desember 2004, HIMAKOM telah menjadi wadah ekspresi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Universitas Nasional. Humas Universitas Nasional HIMAKOM memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kinerjanya sekaligus meningkatkan citra Universitas Nasional HIMAKOM. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran strategi cyber public relations untuk menciptakan citra positif dan meningkatkan citra HIMAKOM Universitas Nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan verifikatif. Jumlah sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah 30 orang. Analisis statistik yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh angka signifikansi sebesar 0,366 yang berarti cyber public relations (X) berperan dalam meningkatkan citra HIMAKOM Universitas Nasional (Y). Artinya, strategi cyber public relations yang digunakan HIMAKOM Universitas Nasional melalui media sosial dinilai mampu meningkatkan citra HIMAKOM Universitas Nasional di mata publik

Published
2022-10-31
How to Cite
UTAMI, Nadya Tantri; FATIKHASARI, Shopyana; AZIZAH, Vida. EFEKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PEMBENTUKAN CITRA ORGANISASI HIMAKOM UNIVERSITAS NASIONAL. Widya Komunika, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 95-113, oct. 2022. ISSN 2686-1968. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/7653>. Date accessed: 21 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2022.12.2.7653.