BUDAYA ORGANISASI BUDAYA ORGANISASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA MASA PANDEMI PADA SMK N 1 SAPURAN, WONOSOBO

BUDAYA ORGANISASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PADA SMK N 1 SAPURAN, WONOSOBO)

  • Utera Fijar Adha Universitas Jenderal Soedirman
  • Wiwik Novianti Universitas Jenderal Soedirman
  • Dian Santi Rahayu Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Setiap sekolah tentunya memiliki budaya organisasi masing-masing. Fenomena pandemi Covid-19 tentunya merubah segala teknis kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu sekolah yang peneliti pilih pada penelitian ini yaitu SMK N 1 Sapuran, Wonosobo yang sudah melaksanakan simulasi hingga pembelajaran tatap muka sejak akhir tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk budaya organisasi pada pembinaan komunikasi, disiplin, dan motivasi guru dan kendala pengelolaan pembelajaran tatap muka. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pemilihan informan menggunakan purporsive sampling, kemudian untuk validasi data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan data yang diperoleh, peneliti menemukan tiga bentuk budaya organisasi pada SMK N 1 Sapuran yaitu kerja sama, kekeluargaan, dan apresiasi. Peneliti juga menemukan kendala penerapan budaya organisasi pada pengelolaan pembelajaran tatap muka yaitu waktu yang terbatas ketika di kelas, ketakutan terbentuknya klaster baru, ketertinggalan materi pembelajaran yang cukup banyak, serta learning loss yang dialami siswa.

Published
2022-10-31
How to Cite
ADHA, Utera Fijar; NOVIANTI, Wiwik; RAHAYU, Dian Santi. BUDAYA ORGANISASI BUDAYA ORGANISASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA MASA PANDEMI PADA SMK N 1 SAPURAN, WONOSOBO. Widya Komunika, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 58-65, oct. 2022. ISSN 2686-1968. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/6381>. Date accessed: 30 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2022.12.2.6381.