STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BPR SIWI SEDANA DALAM MENARIK NASABAH DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Ayu Eunike Sukaning Dewi Komang Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran pada BPR Siwi Sedana selama pandemic covid-19. Sebagai BPR yang sudah berkarya selama 30 (tiga puluh) tahun, BPR Siwi Sedana dapat menarik nasabah dan tetap eksis di era pandemi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran BPR Siwi Sedana selama pandemi dengan menggunakan strategi komunikasi IMC (Integrated Marketing Communication). Dengan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa selama pandemi covid-19 BPR Siwi Sedana menggunakan empat strategi bauran pemasaran dari strategi IMC (Integrated Marketing Communication) yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, dan pemasaran interaktif dalam menarik nasabah.


Kata kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran.

Published
2022-10-31
How to Cite
KOMANG, Ayu Eunike Sukaning Dewi. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BPR SIWI SEDANA DALAM MENARIK NASABAH DI ERA PANDEMI COVID-19. Widya Komunika, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 66-77, oct. 2022. ISSN 2686-1968. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/5644>. Date accessed: 30 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2022.12.2.5644.