IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA PEMASARAN PRODUK SOFTWARE POINT OF SALES (POS) UNTUK BISNIS UMKM INDONESIA

  • Salma Dliya Fuady LSPR Institute of Communication & Business
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/1.wk.2024.14.2.13477

Abstrak

Mayoritas usaha di negara berkembang merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kontribusi UMKM terhadap PDB nasional sebesar 60,51% dari PDB. Akan tetapi, pemilik UMKM masih menghadapi kendala dalam penyusunan laporan keuangan dan pengelolaan inventaris. Untuk mengatasi kendala tersebut, dibutuhkan software Point of Sales (POS) yang disediakan oleh perusahaan software bernama Trigonal. Untuk memasarkan produk tersebut kepada UMKM di seluruh Indonesia, diperlukan strategi Integrated Marketing Communication (IMC). IMC merupakan suatu konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang menghargai pentingnya nilai tambah dari suatu perencanaan yang komprehensif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Perusahaan Trigonal telah menerapkan Integrated Marketing Communication dalam kegiatan pemasarannya. Strategi IMC yang telah diterapkan terdiri dari delapan model komunikasi utama, yaitu advertising, sales promotion, events & experiences, public relations, online marketing & social media, mobile marketing, direct marketing, dan personal selling.

Diterbitkan
2024-11-04
##submission.howToCite##
FUADY, Salma Dliya. IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA PEMASARAN PRODUK SOFTWARE POINT OF SALES (POS) UNTUK BISNIS UMKM INDONESIA. Widya Komunika, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 134-146, nov. 2024. ISSN 2686-1968. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/13477>. Tanggal Akses: 09 may 2025 doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2024.14.2.13477.