PENGARUH KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK JAFRA

PENGARUH KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK JAFRA

  • Laura Septaria Ginting STIKOM Inter Studi

Abstract

Di tengah himpitan ekonomi saat ini, bisnis Multi Level Marketing (MLM) pun ikut berdampak, salah satu perusahaan yang menerapkan strategi MLM adalah PT Jafra Cosmetics (Jafra) selain melalui penerapan strategi variasi produk yang banyak bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan wanita sebagai target marketnya, dalam penerapan strategi MLM Jafra menggunakan metode Electronic Word of Mouth yaitu metode dengan cara mempromosikan suatu produk secara persuasif kepada konsumen untuk menawarkan produknya agar terjadi suatu keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh komunikasi Electronic Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian kosmetik Jafra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Electronic Word of Mouth menurt Julilvand dan Samiei, 2012 dan teori keputusan pembelian menurut Kotler & Armstrong, 2016. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif, untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Analisis statistik dan pengolahan data menggunakan SPSS. Pengumpulan data meliputi angket, kuesioner online, analisis data, interpretasi data, dan kesimpulan. Data primer berupa angket pada model skala likert dengan jumlah sampel 48 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh komunikasi Electronic Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian kosmetik Jafra dengan tingkat pengaruh sedang.

Published
2024-11-04
How to Cite
GINTING, Laura Septaria. PENGARUH KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK JAFRA. Widya Komunika, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 109-123, nov. 2024. ISSN 2686-1968. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/13060>. Date accessed: 01 june 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2024.14.2.13060.