TANTANGAN PENGAJARAN MATERI GEOGRAFI BAGI SISWA SEKOLAH LANJUTAN
Abstract
Sebagai seorang pengajar, guru memiliki tantangan tersendiri dalam mengajar, terlebih jika
penunjang pengajaran belum tersedia secara lengkap di sekolah. Pelajaran Geografi merupakan
pelajaran yang diberikan pada siswa tingkaat SMP maupun SMA. Pada mata pelajaran ini, guru
acap kali mengalami beberapa tantanganyang membutuhkan kreativitas khusus untuk
mengatasinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai
tantangan pengajaran materi geografi bagi siswa sekolah lanjutan. Penelitian ini menggunakan
studi deskriptif melalui cara pengumpulan data melalui teknik wawancara dan observasi. Adapun
hasil yang diperoleh adalah, terdapat beberapa materi dalam pelajaran Geografi yang dianggap
memiliki tantangan khusus di mata guru budang, tantangan yang ditemukan meliputi materi ajar
tertentu yang relatif banyak, beririsan dengan materi lain, membutuhkan teknik penghitungn,
ketidaktersedian alat peraga dan penunjang pembelajaran, masih kurangnya literasi dan sumber
ajar. Sedangkan cara yang telah dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut antara lain:
mengajak siswa untuk kreatif membuat alat peraga mandiri, menggunakan teknik pembelajaran
yang disesuaikan dengan kebutuhan, serta mengoptimalkan teknologi informasi walaupun masih
dalam kondisi terbatas.
