REVOLUSI BELAJAR SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GANESHA OPERATION

  • Aditya Pratama Nugraha Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman
  • S Bekti Istiyanto Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/1.wk.2016.6.2.1109

Abstrak

Revolusi Belajar merupakan istilah yang dipakai oleh Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha
Operation untuk metode pembelajarannya. Rumus cepat The King, Mind Map (pohon ilmu),
Metode Cornell (tempat pengingat di sudut buku ajar), Von Restorff (jeda istirahat di tengah jam
pelajaran), dan Pemutaran Musik Klasik saat pelajaran merupakan bagian dari Revolusi Belajar
Ganesha Operaton. Penelitian ini dilakukan melalui observasi mata pelajaran Geografi dalam
persiapan siswa kelas Super Intensif Ganesha Operation menuju tes SBMPTN. Penelitian ini
menggunakan pedekatan kualitatif deskriptif dengan fokus pada strategi komunikasi instruksional
Ganesha Operation yang diajarkan melalui Revolusi Belajar. Untuk pemilihan informan
menggunakan teknik purposive sampling kepada Kepala Ganesha Operation Purwokerto dan siswa
kelas Super Intensif Ganesha Operation. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara
mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika pengajar
mampu menyampaikan metode pembelajaran Revolusi Belajar dengan baik kepada siswa dengan
nuansa kekeluargaan. Begitu pula dengan siswa kelas Super Intensif yang mampu menangkap
materi yang disampaikan oleh pengajar.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Aditya Pratama Nugraha dan S. Bekti Istiyanto adalah akademisi J ur usan Ilmu
Komunikasi, FISIP, Universitas Jenderal Soedirman dengan email adityapn14@gmail.com dan
bektiis@yahoo.com

##submission.authorWithAffiliation##

Aditya Pratama Nugraha dan S. Bekti Istiyanto adalah akademisi J ur usan Ilmu
Komunikasi, FISIP, Universitas Jenderal Soedirman dengan email adityapn14@gmail.com dan
bektiis@yahoo.com

Diterbitkan
2016-12-01
##submission.howToCite##
NUGRAHA, Aditya Pratama; ISTIYANTO, S Bekti. REVOLUSI BELAJAR SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GANESHA OPERATION. Widya Komunika, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 61-70, dec. 2016. ISSN 2686-1968. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1109>. Tanggal Akses: 23 dec. 2025 doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2016.6.2.1109.