MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU IPA DENGAN EFEKTIFITAS “SUKA EVA” PENGAWAS SEKOLAH DI SMP WILAYAH BINAAN KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GASAL TAHUN 2014/2015
Abstract
Meningkatkan kualitas pembelajaran guru IPA dengan pendekatan “Sukaeva” di SMP binaan
Pengawas Sekolah Kabupaten Banyumas semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan
lemahnya hasil supervisi akademik pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 rata-rata
masih bernilai cukup, maka peneliti perlu melakukan Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan proes pembelajaran di kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Supervisi Akademik dan Evaluasi di tujuh SMP binaan
pengawas wilayah Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa pada awal
sebelum penelitian hasil supervisi menunjukkan hasil yang sangat rendah yaitu 70,5. Hasil ini
masuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan pembinaan dan dilakukan supervisi oleh
pengawas sekolah pada siklus 1 hasil dari 7 guru nilai rata-rata menjadi 81,274 atau 71,429%
termasuk hasilnya yang baik, dan 28,571 % nilai masih cukup. Pada siklus kedua nilai rata-rata
89,575 yang kategori amat baik ada 4 dari 7, atau 57,143% dan yang kategori baik ada 3 atau
42,857. Jadi dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan kualitas pembelajaran guru naik sebesar
8,301. Peningkatan kualitas guru akan mempengaruhi kualitas pembelajaran, yang berdampak
langsung pada peningkatan kemampuan peserta didik.
