MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI : SISTEMATIK REVIEW

  • Afrizal Mahmud Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman
  • Agung Prabowo Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pembelajaran biologi memegang peran penting dalam membentuk pemahaman siswa terhadap fenomena kehidupan dan alam sekitar. Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Salah satu jenis pendekatan yang bisa digunakan adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi mempunyai kelebihan sebagai pendekatan yang dapat memfasilitasi keragaman siswa. Dalam berbagai penelitian, pembelajaran berdiferensiasi menunjukan hasil positif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Artikel ini merupakan sistematik review yang bertujuan untuk menyajikan hasil analisis dari berbagai literatur penelitian terkini yang membahas tentang bentuk-bentuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran biologi. Metode penelitian ini menggunakan metode PRISMA. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 10 artikel yang berasal dari jurnal nasional yang diperoleh dari data base google scholar. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk-bentuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran biologi antara lain pembelajaran berdiferensiasi berbasis PBL sebesar 75%, pembelajaran berdiferensiasi berbasis discovery learning sebesar 16,7%, pembelajaran berdiferensiasi berbasis inkuiri terbimbing sebesar 8,3%. Bentuk yang paling banyak digunakan adalah pembelajaran berdiferensiasi berbasis PBL sebesar 75%. Dari berbagai bentuk pembelajaran berdiferensiasi diharapkan dapat menjadi referensi guru biologi agar dapat diterapkan dan dikembangkan lebih lanjut pada pembelajaran biologi

References

Anggraeni, I. D., Muryaningsih, S., & Ariyanti, U. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL Dengan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IIA SDN 1 Karangduren. Cendekia Pendidikan, 3(6), 101–112.
Arifin, Z., & Wulandari, D. (2024). Kajian Literatur: Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Ipa Di Madrasah. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 29–36. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.409
Asiyah, N., Siswanto, J., & Hertanti, T. I. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta. November, 3946–3954.
Cahyani, R., Komarayanti, S., & Hidayah, L. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sman 1 Jember Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 1. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39643
Damayanti, R., & Dewi, A. F. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31605/bioma.v6i1.3516
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Fitria, R., & Dewi, A. F. (2020). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sistem Sirkulasi. Spizaetus : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 21–26.
Hayati, S. A., Siswanto, J., & Hertanti, T. I. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bendungan Kota Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, November, 3386–3392.
Lestari, D. P., Joharmawan, R., & Purwati, Y. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Ngasem kelas VII Mata Pelajaran IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.17977/um067v3i1p12-18
Maulani, B. I. G., Hardiana, H., & Jamaluddin, J. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2632–2637. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1728
Pramuningtyas, L. P., & Dewi, A. F. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferesiansi Dengan Model Problem Bessed Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Virus Siswa Kelas X. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(1), 67–79. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.32260
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Rachmadhani, S. A. D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231
Sal Sabilla, A. D., Prafitasari, A. N., & Somad, M. A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif di Kelas X.2 SMAN Umbulsari. Experiment: Journal of Science Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.18860/experiment.v3i1.23298
Sari, D. A., Yusnita, & Ermayanti. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 10(2), 63–70.
Published
2025-01-01
How to Cite
MAHMUD, Afrizal; PRABOWO, Agung. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI : SISTEMATIK REVIEW. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 76-85, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15361>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15361.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.