PENGUATAN KESADARAN DEMOKRASI MELALUI HAK DAN KEWAJIBAN PESERTA DIDIK DI SMA IT AL-IRSYAD AL-ISLAMIYAH PURWOKERTO PADA ERA DIGITAL
Abstract
Penguatan kesadaran demokrasi di kalangan peserta didik SMA IT Al-Irsyad Al-Islamiyah Purwokerto pada era digital mencakup pada pemahaman atas hak dan kewajiban yang memainkan peran penting dalam membentuk perilaku peserta didik yang lebih bertanggung jawab dan partisipatif. Melalui sosialisasi yang melibatkan diskusi dan pembelajaran interaktif, peserta didik didorong untuk berpikir kritis dan memahami implikasi hak serta kewajiban mereka, baik di lingkungan sekolah maupun di media sosial. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya demokrasi di era digital, termasuk peran peserta didik dalam mengawasi demokrasi melalui penggunaan media sosial secara bijak dan partisipasi aktif dalam proses pemilu. Pendidikan yang efektif dalam memahami hak dan kewajiban demokratis di era digital dapat membentuk individu yang lebih mandiri, kritis dan bertanggung jawab.
References
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Data Pokok Pendidikan SMAS Al Irsyad Al-Islamiyah Purwokerto.” Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2023.
https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/76BAEDB64ECC08F61E40.
Hapsari, Sri. “Telaah Teoritis: Internalisasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Budaya Sekolah.” Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal 2, no. No. 2 (2015): 184–93. https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2813.
Husnunnadia, Ratu, and Zaenul Slam. “Pencegahan Bullying Di Sekolah: Mengimplementasikan Pendidikan Dan Kewarganegaraan Untuk Penguatan Hak Dan Kewajiban Anak.” Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 9, no. No. 1 (2024): 28–42.
Isnanda, Romi. “STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN TANAH DATAR
PROVINSI SUMATERA BARAT.” Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat 1, no. No. 2 (2015). https://doi.org/10.22202/jg 2015.v1i2.1238.
Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Peserta Didik Menjadi Pintar Dan Baik.
Penerjemah. Bandung: Nusa Media, 2013.
Mansur, Dikdik M. Arief, and dan Elisatris Gultom. Cyber Law Aspek Hukum Teknologi Informasi. Grafika Aditama. Bandung: Grafika Aditama, 2014.
Nugroho, I. S. “Hubungan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Kesadaran Hukum Siswa Kelas
X SMA N 1 Kertasura Tahun Ajaran 2008/2009.” UNS, 2010.
RI, Lemhannas. “Audiensi Gubernur Lemhannas RI Dengan Menteri Pertahanan RI,” 2022.
https://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/berita-utama/1774-gubernur-lemhannas-ri-bahas- demokrasi-di-era-digital-pada-pelatihan-digital-leadership-academy-kementerian-kominfo.
Safiudin, Khamdan, and Ayu Maya Damayanti. “Penguatan Kesadaran Demokrasi Masyarakat Kelurahan Gadingrejo Melalui Partisipasi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pada Pemilu 2024.” Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 9, no. No. 2 (2024): 136–43.
Santoso, G., and A. Ramadhania. “Mengenal Lagu Daerah Dan Lagu Nasional Republik Indonesia Sebagai Pendidikan Multikultural Bagi Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Transformatif 2, no. No. 2 (2023): 325–
335.
Sudja, I Nengah. “PEMBELAJARAN DEMOKRATIS MENUJU PROFESIONALISME GURU.” Jurnal Santiaji
Pendidikan (JSP) 3, no. No. 2 (2013). https://doi.org/10.36733/jsp.v3i2.495.
Sulistiyono, Azhar. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Budaya Sekolah.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. No. 2 (2021): 1–8. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2329.
Yunita, Fatma. “Aspek Hukum Penggunaan Media Sosial Berbasis Internet.” Jurnal Notarius Program Studi Kenotariatan Pascasarjana UMSU 2, no. No. 1 (2023): 121–32.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.