PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pengendalian diri, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi mulai dari angkatan 2017 sampai 2019 yang berstatus aktif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 107 mahasiswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh negatif signifikan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif; (2) Terdapat pengaruh negatif signifikan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif; (3) Terdapat pengaruh positif signifikan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Implikasi penelitian ini adalah perlunya meningkatkan literasi keuangan melalui pembelajaran yang lebih inovatif dan pengendalian diri untuk meminimalisir perilaku konsumtif.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.