PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBUKUAN KOPERASI: STUDI EMPIRIS PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman bagi pengurus koperasi Sejahtera
SMP Negeri 2 Kebasen Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan sekolah
dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian ini adalah pengurus koperasi Sejahtera SMP negeri
2 Kebasen Tahun 2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi pengurus koperasi lama dan
melibatkan partisipasi pengurus baru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
tes, dan dokumentasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri
dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) analisis
dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
pemahaman pembukuan koperasi melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction. Hal tersebut
terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Pemahaman peserta dalam mengikuti pembelajaran
menunjukkan peningkatan rata-rat nilai dari 54 pada kondisi awal, 72,6 pada siklus I, dan 82.6 pada siklus
II. Sedangankan pencapaian KKM dari 0% atau 0 peeerta pada kondisi awal menjadi 40% atau 2 peserta
pada siklus II, dan 80% atau 4 peserta pada siklus II.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.