PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBUKUAN KOPERASI: STUDI EMPIRIS PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION

  • Saptari Darma Wijayanti SMP N 2 Kebasen

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman bagi pengurus koperasi Sejahtera
SMP Negeri 2 Kebasen Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan sekolah
dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian ini adalah pengurus koperasi Sejahtera SMP negeri
2 Kebasen Tahun 2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi pengurus koperasi lama dan
melibatkan partisipasi pengurus baru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
tes, dan dokumentasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri
dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) analisis
dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
pemahaman pembukuan koperasi melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction. Hal tersebut
terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Pemahaman peserta dalam mengikuti pembelajaran
menunjukkan peningkatan rata-rat nilai dari 54 pada kondisi awal, 72,6 pada siklus I, dan 82.6 pada siklus
II. Sedangankan pencapaian KKM dari 0% atau 0 peeerta pada kondisi awal menjadi 40% atau 2 peserta
pada siklus II, dan 80% atau 4 peserta pada siklus II.

Published
2021-10-20
How to Cite
WIJAYANTI, Saptari Darma. PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBUKUAN KOPERASI: STUDI EMPIRIS PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 71-80, oct. 2021. ISSN 2686-6277. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/4889>. Date accessed: 09 may 2025. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v3i2.4889.
Section
Articles