PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI MELALUI TEKNIK STUDI-ANALISIS-DAMPAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PENYIMPANGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 7 PURWOKERTO
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menganalisis penyimpangan sosial, sebanyak 21 orang (60%) peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 7 Purwokerto mengalami kesulitan menganalisis penyimpangan sosial. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran IPS serta untuk mengetahui peningkatan peserta didik dalam menganalisis penyimpangan sosial melalui pembelajaran dengan teknik “SAD” pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 7 Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan teknik “SAD” dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan kemampuan menganalisis penyimpangan sosial peserta didik dalam berbagai aktivitas belajar. Penerapan pembelajaran IPS dengan Teknik “SAD” materi pranata dan penyimpangan sosial berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa setelah melaksanakan tes akhir siklus II. Kemampuan siswa dalam merasionalkan nilai positif yang dapat ‘dipetik’ dari hasil analisis kasus penyimpangan sosial pada siklus II juga meningkat, yaitu mencapai 80%. Peserta didik dapat memberikan respon positif dalam berbagai aktivitas belajar melalui diskusi kelompok dengan tingkat partisipasi mencapai 77, 1%. Dengan tercapainya ketiga indikator kinerja yang telah ditentukan, maka siklus penelitian tindakan kelas ini dihentikan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.