PENGARUH MOTIVASI, GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 1 GEGER

  • Supri Wahyudi Utomo Universitas PGRI Madiun
  • Sanita Oktari Andriyani Universitas PGRI Madiun
  • Liana Vivin Wihartanti Universitas PGRI Madiun

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi, gaya belajar serta lingkungan sekolah sebagai variabel terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Peneliti mengumpulkan data dari penyebaran kuesioner (Primer) kepada sampel sebanyak 76 siswa, serta data daftar nilai siswa (Sekunder). Kuesioner ini di uji dengan uji validitas dan uji reabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi, gaya belajar serta lingkungan sekolah terdapat pengaruh yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar. Uji f menunjukkan bahwa motivasi, gaya belajar dan lingkungan sekolah terdapat pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap hasil belajar.

Published
2021-04-11
How to Cite
UTOMO, Supri Wahyudi; ANDRIYANI, Sanita Oktari; WIHARTANTI, Liana Vivin. PENGARUH MOTIVASI, GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 1 GEGER. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 66-81, apr. 2021. ISSN 2686-6277. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/4016>. Date accessed: 31 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v3i1.4016.
Section
Articles