TRANSFER PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN EKONOMI INFORMAL: REVITALISASI NILAI DAN MOTIF KAIN SUTERA DI KABUPATEN WAJO DALAM ERA FASHION MODERN
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji aspek transfer pengetahuan dalam perspektif
pendidikan ekonomi informal melalui model SECI Nonaka dan mengkaji proses revitalisasi
produk kain sutera dalam pengembangan produk yang berbasis fashion modern. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti
observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi transfer pengetahuan yaitu (1) terciptanya pengetahuan baru dan inovasi seperti modifikasi motif dan diversifikasi produk kain sutera yang merupakan keberhasilan proses konversi transfer pengetahuan. (2) memberikan pembaharuan yang merujuk pada perubahan berbasis modern bagi perkembangan industri pensuteraan di Kabupaten Wajo dengan mengkomunikasikan nilai-nilai filsofi kain sutera melalui produk-produk aplikasi kain sutera untuk merevitalisasikan dan menjaga ketahanan eksistensi kain sutera.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.