PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Melirianti Dwi Aspikawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman
  • Jaryono Jaryono Universitas Jenderal Soedirman
  • Retno Widuri Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran schoology dan motivasi
belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan
penelitian ekperimen dengan menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimental research). Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto sebanyak 287 peserta didik.
Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana pengambilan sampel dipilih secara khusus
berdasarkan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas
yaitu kelas X MIPA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 peserta didik dan X MIPA 3 dengan
jumlah peserta didik sebanyak 36 peserta didik, sehingga sampel keseluruhan dalam penelitian ini
sebanyak 71 peserta didik. Berdasarkan penelitian dan analisis data menunjukan bahwa: 1) Terdapat
perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran schooology dengan
peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan media pembelajaran schoology terhadap hasil belajar. 3) Terdapat pengaruh positif dan
sgnifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar.

Published
2021-04-10
How to Cite
ASPIKAWATI, Melirianti Dwi; JARYONO, Jaryono; WIDURI, Retno. PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-16, apr. 2021. ISSN 2686-6277. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/3960>. Date accessed: 31 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v3i1.3960.
Section
Articles