PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT DAN KEMAMPUAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DIMODERASI PERSEPSI KOMPETENSI GURU

  • Mohamad Arief Nurdiansyah Studet
  • Siti Zulaikha Wulandari Universitas Jenderal Soedirman
  • Ratno Purnomo Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Keberhasilan belajar berasal dari Faktor internal yaitu student engagement dan kemampuan logis
matematis serta faktor eksternal yaitu kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh pengaruh student engagement, kemampuan logis matematis, dan persepsi mengenai kompetensi
guru terhadap prestasi belajar yang memoderasi pengaruh student engagement dan kemampuan logis
matematis terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian eksplanatori menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berasal dari kelas XI
IPA dan XI IPS dengan jumlah 128 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan random
sampling dengan alokasi proporsional. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, regresi
moderasi, uji F, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterlibatan peserta didik berpengaruh positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar (2) kemampuan logis matematis berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar (3) persepsi mengenai kompetensi guru berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar (4) persepsi mengenai kompetensi guru memoderasi pengaruh
keterlibatan peserta didik terhadap prestasi belajar (5) persepsi mengenai kompetensi guru memoderasi
pengaruh kemampuan logis matematis terhadap prestasi belajar.

Published
2021-04-11
How to Cite
NURDIANSYAH, Mohamad Arief; WULANDARI, Siti Zulaikha; PURNOMO, Ratno. PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT DAN KEMAMPUAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DIMODERASI PERSEPSI KOMPETENSI GURU. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 37-52, apr. 2021. ISSN 2686-6277. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/3942>. Date accessed: 31 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v3i1.3942.
Section
Articles