PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT DAN KEMAMPUAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DIMODERASI PERSEPSI KOMPETENSI GURU
Abstract
Keberhasilan belajar berasal dari Faktor internal yaitu student engagement dan kemampuan logis
matematis serta faktor eksternal yaitu kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh pengaruh student engagement, kemampuan logis matematis, dan persepsi mengenai kompetensi
guru terhadap prestasi belajar yang memoderasi pengaruh student engagement dan kemampuan logis
matematis terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian eksplanatori menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berasal dari kelas XI
IPA dan XI IPS dengan jumlah 128 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan random
sampling dengan alokasi proporsional. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, regresi
moderasi, uji F, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterlibatan peserta didik berpengaruh positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar (2) kemampuan logis matematis berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar (3) persepsi mengenai kompetensi guru berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar (4) persepsi mengenai kompetensi guru memoderasi pengaruh
keterlibatan peserta didik terhadap prestasi belajar (5) persepsi mengenai kompetensi guru memoderasi
pengaruh kemampuan logis matematis terhadap prestasi belajar.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.