Mobile Service Quality in Assessing User Satisfaction of the BRImo Application

  • Aufi Meska Aulia Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pembahasan artikel ini mengenai kepuasan penggunaan aplikasi BRIMo oleh para penggunanya. Aplikasi BRIMo merupakan aplikasi mobile banking yang diluncurkan oleh BRI dengan tujuan sebagai layanan keuangan digital BRI dan memberikan kemudahan transaksi dalam kehidupan sehari-hari bagi para nasabah BRI. BRIMo merupakan financial super app untuk beragam transaksi nasabah kapan pun dan di mana pun. Transaksi yang ditawarkan beragam, mulai dari online on boarding baik dari dalam maupun luar negeri, pembayaran, pembelian, investasi, asuransi, hingga pencatatan keuangan. BRIMo juga memfasilitasi nasabah yang memiliki kebutuhan transaksi lintas negara melalui fitur transfer internasional ke lebih dari 160 negara serta pembayaran QR di luar negeri. BRIMo dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi sehingga nasabah dapat bertransaksi dengan aman. Pembahasan ini bertujuan memahami dan mengkaji kepuasan penggunaan aplikasi BRIMo sebagai aplikasi keuangan digital untuk kemudahan bertransaksi oleh para penggunanya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dimensi dan pernyataan item dari MSQual atau Mobile Service Quality melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara yang diambil melalui teknik purposive sampling kepada para penggguna aplikasi BRIMo. Hasil penelitian bahwa berdasarkan penilaian dari dimensi MSQual diketahui pengguna aplikasi BRIMo merasa puas. Berdasarkan hasil wawancara juga menunjukan citra yang positif dan sangat terbantu atas penggunaan aplikasi BRIMo.

References

Kemp, Simon. (2024). Digital 2024: Indonesia. URL: https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia. Diakses pada tanggal: 10 Oktober 2024.
Kemp, Simon. (2023). Digital 2023: Global Overview Report. URL: https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report. Diakses pada tanggal: 10 Oktober 2024.
Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile Jkn Bpjs Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Industrial Engineering Journal, 11(2). https://doi.org/10.53912/iej.v11i2.837
Emillia, S., Zainul, M., & Mayvita, P. A. (2022). KEBIJAKAN PEMANFAATAN APLIKASI BRIMO UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus BRI Unit Sungai Lulut). AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 33–41. https://doi.org/10.31602/alsh.v8i2.8604
Mandiri, A., Yanto, E., & Metekohy, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Bri Mobile (Brimo). Account, 8(1), 1423–1430. https://doi.org/10.32722/acc.v8i1.3874
Ph.D. Ummul Aiman, S. P. D. K. A. S. H. M. A. Ciq. M. J. M. P., Suryadin Hasda, M. P. Z. F., M.Kes. Masita, M. P. I. N. T. S. K., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. P. M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sidanta, K., Christian, B., Hadi, H., Angelia, W., & Istijanto, I. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen Milenial pada E-Commerce di Indonesia. Indonesian Business Review, 5(2), 156–173. https://doi.org/10.21632/ibr.5.2.156-173
Ulkhaq, M. M., Widodo, A. K., Widhiyaningrum, Yulianto, M. F. A., & Gracia, M. O. (2019). An integrated M-S-QUAL and importance-performance analysis approach for assessing service quality of mobile commerce application. AIP Conference Proceedings, 2114. https://doi.org/10.1063/1.5112472
Zahra, F, A., & Putra, R, A. (2022). Evaluasi kepuasan pengguna aplikasi brimo menggunakan metode eucs (studi kasus nasabah bri unit Kertapati). Buku Prosiding Seminar Nasional Efisiensi Energi Untuk Peningkatan Daya Saing Industri Manufaktur Dan Otomotif Nasional (SNEEMO), 18–23.
Published
2025-05-30
How to Cite
AULIA, Aufi Meska. Mobile Service Quality in Assessing User Satisfaction of the BRImo Application. Public Policy and Management Inquiry, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 24 - 35, may 2025. ISSN 2714-626X. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/ppmi/article/view/14483>. Date accessed: 02 june 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.ppmi.2025.9.1.14483.
Section
Articles