Peran Interaktivitas dalam Media Sosial terhadap Keterlibatan Konsumen dan Peningkatan Brand Equity

Main Article Content

Musfirah Majid Teguh Purwanto Nur Kholidah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaktivitas dalam media sosial terhadap keterlibatan konsumen dan peningkatan brand equity. Dalam era digital saat ini, perusahaan dituntut untuk membangun hubungan yang lebih interaktif dengan konsumen melalui media sosial sebagai saluran komunikasi strategis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 85 responden pengguna media sosial yang pernah berinteraksi dengan akun brand. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SmartPLS 4 untuk menguji hubungan antarvariabel menggunakan analisis jalur dan model struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaktivitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan konsumen dan brand equity. Keterlibatan konsumen juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Selain itu, terdapat efek mediasi yang signifikan meskipun dalam kategori rendah dari keterlibatan konsumen dalam hubungan antara interaktivitas dan brand equity. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi manajer pemasaran untuk memaksimalkan peran interaktivitas media sosial dalam membangun hubungan yang bermakna dengan konsumen guna memperkuat posisi merek. Temuan ini juga menegaskan pentingnya membangun komunikasi dua arah, konten partisipatif, dan keterlibatan emosional konsumen dalam strategi pemasaran digital yang efektif.

Article Details

How to Cite
MAJID, Musfirah; PURWANTO, Teguh; KHOLIDAH, Nur. Peran Interaktivitas dalam Media Sosial terhadap Keterlibatan Konsumen dan Peningkatan Brand Equity. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 33, n. 1, p. 20-33, june 2025. ISSN 2615-8094. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/16888>. Date accessed: 15 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/1.jp.2025.33.1.16888.
Section
Articles