KAJIAN METAKOGNITIF: PEMBELAJARAN MENULIS ESAI DALAM ARTIKEL JURNAL
Abstrak
Pembelajaran menulis merupakan keterampilan yang bersifat produktif dan ekspresif.Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji artikel jurnal bidang menulis esai, untuk input perencanaan menulis artikel jurnal baru. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik penelitian dengan menggunakan tiga teknik analisis data, yaitu analisis isi, analisis dokumen, dan metakognitif. Sumber data yang digunakan pada penulisan ini adalah tiga artikel jurnal bahasa Indonesia tentang pembelajaran menulis esai. Adapun ketiga artikel jurnal tersebut adalah, Abdul Haliq dan Akmal Hamsa (2021). Dengan judul Literasi Digital: Tingkat dan Keandalan Sumber Referensi Mahasiswa dalam Menulis Esai Akademik, Ummu Rosyidatul (2019) berjudul Pembelajaran Menulis Esai Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Media Video Di Kelas XI SMA Darul ‘Ulum Sugio, dan artikel jurnal yang ditulis oleh Ade Eka Anggraini dan Elih Solihatulmilah (2020) berjudul Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pemodelan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam tiga artikel jurnal yang diteliti terdapat dua pendekatan inti yakni metode kualitatif dan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif), kemudian terdapat tiga pola yang dapat digunakan untuk membuat desain penelitian baru yaitu: replikasi, modifikasi, atau mengembangkan pola berdasarkan model dari studi sebelumnya.
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .