PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ANAK SD MELALUI CERITA RAKYAT SARIDIN
Abstrak
Proses pembelajaran pendidikan karakter pada anak SD menjadi hal yang penting di dunia pendidikan. Penanaman nilai karakter tidak hanya dalam lingkungan keluarga, tetapi dimana saja bisa contohnya di sekolahan. Anak-anak akan mengetahui nilai-nilai karakter yang diperoleh melalui proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengajarkan nilai-nilai karakter kepada siswa sekolah dasar melalui cerita rakyat “Saridin”. Ceita rakyat “Saridin” berasal dari Kabupaten Pati, Desa Kayen. Metode yang diajarkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa cerita “Saridin” mengandung beberapa nilai-nilai karakter, yaitu nilai ketuhanan, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong. Implementasi nilai-nilai cerita “Saridin” dalam pendidikan dasar dapat membantu siswa dalam mengembangkan karakter dan keterampilan yang positif, serta memiliki dampak positif dalam kehidupan sehari-hari siswa. Nilai yang harus diterapkan dan dibangun disekolah dasar, termasuk nilai kebaikan dan kreativitas, serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan menghormati orang lain. Penerapan nilai-nilai cerita “Saridin” di pendidikan dasar dapat membantu siswa mengembangkan karakter dan keterampilan yang positif serta berpengaruh positif terhadap kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: nilai karakter, cerita rakyat, Saridin
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .