THE USE OF DIRECT GUIDANCE METHODS IN IMPROVING BIOGRAPHY WRITING SKILLS IN CLASS X

  • Ririn Ariyanti Fadillah Universitas Pekalongan
  • Hanindya Restu Aulia Universitas Pekalongan
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2023.4.1.8676

Abstrak

Pembelajaran menulis teks biografi kelas X SMA Negeri 1 Wiradesa belum terlaksana dengan baik karena siswa tidak terlalu berminat dalam menulis sehingga membutuhkan metode yang tidak membosankan. Untuk meningkatkan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Wiradesa digunakan metode bimbingan langsung. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya proses pembelajaran dan perbaikan. Hal ini terlihat pada nilai pra siklus sebesar 72,94, rata-rata siklus I sebesar 87,22 dan siklus II sebesar 90,77. Perubahan perilaku juga berubah menjadi lebih baik.


Kata kunci: menulis; teks biografi; dan metode bimbingan langsung

Diterbitkan
2023-06-10
##submission.howToCite##
FADILLAH, Ririn Ariyanti; AULIA, Hanindya Restu. THE USE OF DIRECT GUIDANCE METHODS IN IMPROVING BIOGRAPHY WRITING SKILLS IN CLASS X. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 13-22, june 2023. ISSN 2746-7139. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/8676>. Tanggal Akses: 15 dec. 2025 doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2023.4.1.8676.
Bagian
Articles