INTERNALIZATION OF NATIONAL VALUES IN INDONESIAN LANGUAGE TEXTBOOK CLASS VII JUNIOR HIGH SCHOOL REVISION 2017
Abstrak
Buku teks merupakan bahan acuan wajib yang digunakan di sekolah. Sebagai bahan acuan, buku teks berperan menjadi media pembentuk kepribadian siswa, di antaranya dapat dilakukan dengan cara memasukkan nilai-nilai kebangsaan pada setiap materi pelajaran yang terdapat dalam buku teks tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Edisi Revisi 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis isi pada buku teks didapatkan nilai-nilai kebangsaan yang meliputi: 1) gotong royong, 2) taqwa kepada Tuhan, 3) kemanusiaan, 4) persatuan, 5) musyawarah untuk mufakat, 6) keadilan, 7) toleransi, dan 8) kesadaran akan tempat tinggal (cinta tanah air). Bedasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai kebangsaan secara lengkap dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Edisi Revisi 2017. Kata Kunci: nilai kebangsaan, buku teks, bahasa Indonesia, siswa, SMP
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .