Penggunaan Gawai dalam Mendukung Efektivitas Pembelajaran Bahasa di Era Society 5.0
Abstrak
Perkembangan teknologi di era digital semakin marak dan canggih. Salah satunya adalah perkembangan gadget yang ditandai dengan semakin banyaknya fitur dan aplikasi yang ditawarkan dari masing-masing perusahaan pengembang gadget. Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai penggunaan gadget di sekolah untuk menunjang dan mendukung aktivitas akademik di lingkungan sekolah. Penelitian berbentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam sekolah ini adalah kegiatan aktvitas akademik yang terdapat di lingkungan sekolah. Data-data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara dengan beberapa narasumber. Data penelitian yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalinan-mengalir dan analisis interaktif, dengan tahapan sebagai berikut proses reduksi data, proses sajian data, dan terakhir dilakukan proses penarikan simpulan. Untuk menguji validitas data digunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh, di lokasi penelitian ternyata peran gadget digunakan untuk menunjang dan mendukung proses pembelajaran. Gadget yang digunakan antara lain laptop, handphone, dan komputer. Ketiga ragam gadget tersebut digunakan oleh siswa dan guru sebagai sarana memudahkan komunikasi, penyebaran informasi, sarana memeroleh dan mencari referensi, pembuatan administrasi pembelajaran dan media pembelajaran, serta kegiatan penunjang lain seperti fungi hitungan, pembuatan aplikasi, dan pemrograman. Jadi, dapat dikatakan gadget memiliki fungsi pendukung dan penunjang dalam aktivitas akademik di sekolah.
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .