Hiperbola dalam Album Lagu “Selamat Ulang Tahun” Karya Nadin Amizah dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan gaya bahasa hiperbola dalam album lagu “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah, 2) Mendeskripsikan implikasi hasil analisis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa lirik lagu dari Album “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah yang diduga mengandung hiperbola. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif teori dari Miles dan Hubberman. Dari hasil analisis, ditemukan 43 bentuk hiperbola pada Album Lagu “Selamat Ulang Tahun” yang terdiri atas beberapa kategori yaitu: Basic hyperbole (5), Composite hyperbole (5), Single-word hyperbole (2), Phrasal hyperbole (7), The Role of Superlatif (21), Comparison (2), Repetition (1). Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa kategori yang paling dominan dalam Album lagu “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah adalah The Role of Superlatif. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran di SMA sebagai alternatif bahan ajar.
Kata kunci : Hiperbola, lagu, pembelajaran, bahasa Indonesia
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .