Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif pada Video Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar
Abstrak
Tindak tutur digunakan oleh seorang penutur untuk menyampaikan tujuan dan maksud kepada mitra tutur, melalui ujaran dan konteks yang menyertainya. Oleh karena itu, tujuan riset kali ini adalah mengidentifikasi satu per satu tindak tutur asertif dan ekspresif pada tuturan Najelaa Shihab dalam video Youtube Bukalapak yang berjudul “Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar”. Dengan menggunakan pendekatan metodologis yang berupa deskriptif kualitatif dan pendekatan teoritis dengan kajian pragmatik berupa tindak tutur ilokusi asertif dan ekspresif. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari menonton, mentranskrip, menganalisis, mengklasifikasi, mengidentifikasi, hingga memberikan kesimpulan. Data yang dikaji adalah tuturan Najelaa Shihab dalam saluran Youtube Bukalapak yang berjudul “Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar”, dari awal hingga akhir video. Dalam riset kali ini ditemukan hasil berupa total 48 tindak tutur, dengan komposisi terdiri dari 30 tindak tutur asertif dan 18 tindak tutur ekspresif. Rincian tindak tutur asertif yaitu: menyatakan pendapat (10), memberitahukan (11), menunjukkan (7), dan menyebutkan (2). Sedangkan tindak tutur ekspresif yang ditemukan yaitu: mengeluh (2), mengkritik (6), menyindir (1), menyalahkan (2), memuji (1), dan berterima kasih (1). Riset ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pembaca atau masyarakat yang berupa peningkatan pemahaman mengenai tindak tutur asertif dan ekspresif.
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .