Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif pada Video Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar

  • Intan Wulan Sari Universitas Negeri Semarang
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2022.3.1.4951

Abstrak

Tindak tutur digunakan oleh seorang penutur untuk menyampaikan tujuan dan maksud kepada mitra tutur, melalui ujaran dan konteks yang menyertainya. Oleh karena itu, tujuan riset kali ini adalah mengidentifikasi satu per satu tindak tutur asertif dan ekspresif pada tuturan Najelaa Shihab dalam video Youtube Bukalapak yang berjudul “Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar”. Dengan menggunakan pendekatan metodologis yang berupa deskriptif kualitatif dan pendekatan teoritis dengan kajian pragmatik berupa tindak tutur ilokusi asertif dan ekspresif. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari menonton, mentranskrip, menganalisis, mengklasifikasi, mengidentifikasi, hingga memberikan kesimpulan. Data yang dikaji adalah tuturan Najelaa Shihab dalam saluran Youtube Bukalapak yang berjudul “Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar”, dari awal hingga akhir video. Dalam riset kali ini ditemukan hasil berupa total 48 tindak tutur, dengan komposisi terdiri dari 30 tindak tutur asertif dan 18 tindak tutur ekspresif. Rincian tindak tutur asertif  yaitu: menyatakan pendapat (10), memberitahukan (11), menunjukkan (7), dan menyebutkan (2). Sedangkan tindak tutur ekspresif yang ditemukan yaitu: mengeluh (2), mengkritik (6), menyindir (1), menyalahkan (2), memuji (1), dan berterima kasih (1). Riset ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pembaca atau masyarakat yang berupa peningkatan pemahaman mengenai tindak tutur asertif dan ekspresif.


 

Diterbitkan
2022-06-30
##submission.howToCite##
SARI, Intan Wulan. Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif pada Video Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 69-83, june 2022. ISSN 2746-7139. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/4951>. Tanggal Akses: 19 sep. 2025 doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2022.3.1.4951.
Bagian
Articles