KREATIFITAS GURU DALAM PENGAJARAN BERBICARA SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Berbicara adalah salah satu keahlian penting dalam pembelajaran Bahasa. Untuk pemelajar Bahasa, keefektifan dalam pembelajaran Bahasa terutama keahlian berbicara tidak datang hanya dari pemelajar tetapi juga datang dari pengajar. Guru diharapkan memiliki kreativitas dalam pengajaran berbicara. Dalam hal ini, kreativitas seorang guru sangat dibutuhkan untuk membantu para pemelajar lebih mudah dalam mempelajari Bahasa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menungkap kreativitas guru Bahasa Inggirs, metode-metode, dan aktivitas dalam pengajarab berbicara melalui pembelajaran daring pada siswa kelas 11 SMAN 77 Jakarta tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode eksploratif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan tiga cara, yaitu observasi kelas, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan triangulasi untuk memeriksa validitas data. Data dalam penelitian ini diambil dari guru Bahasa Inggris sebagai sumber utama dan murid sebagai data sekunder berasal dari guru dan murid kelas 11 SMAN 77 Jakarta.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru Bahasa Inggris SMAN 77 Jakarta memiliki berbagai macam kreativitas antara lain, mengembangkan materi pembelajaran, menciptakan
lingkungan kelas yang interaktif, dan memainkan berbagai macam peran dikelas, (2) Guru tersebut menggunakan metode-metode kreatif seperti penggunaan ice-breaking sebelum memulai pembelajaran, mengajar menggunakan lagu, video, film, dan kahoot!, (3) Guru tersebut mengimplementasikan beberapa aktivitas dalam pengajaran berbicara seperti, dialog, permainan peran, cerita, debat, permainan kartu.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran Bahasa, terutama kemampuan berbicara, guru harus memiliki berbagai kreativitas. Peneliti memberikan saran bahwa guru dan murid harus bekerja sama untuk mendukung implementasi kreativitas pada proses pengajaran dan pembelajaran, terutama pada pembelajaran kemampuan berbiacara termasuk dengan mengimplementasikan berbagai kreativitas, metode, dan aktivitas.
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .