KREATIFITAS GURU DALAM PENGAJARAN BERBICARA SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Dela - Oktaviana Student

Abstract

Berbicara adalah salah satu keahlian penting dalam pembelajaran Bahasa. Untuk pemelajar Bahasa, keefektifan dalam pembelajaran Bahasa terutama keahlian berbicara tidak datang hanya dari pemelajar tetapi juga datang dari pengajar. Guru diharapkan memiliki kreativitas dalam pengajaran berbicara. Dalam hal ini, kreativitas seorang guru sangat dibutuhkan untuk membantu para pemelajar lebih mudah dalam mempelajari Bahasa.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menungkap kreativitas guru Bahasa Inggirs, metode-metode, dan aktivitas dalam pengajarab berbicara melalui pembelajaran daring pada siswa kelas 11 SMAN 77 Jakarta tahun ajaran 2020/2021.


Penelitian ini menggunakan metode eksploratif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan tiga cara, yaitu observasi kelas, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan triangulasi untuk memeriksa validitas data. Data dalam penelitian ini diambil dari guru Bahasa Inggris sebagai sumber utama dan murid sebagai data sekunder berasal dari guru dan murid kelas 11 SMAN 77 Jakarta.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru Bahasa Inggris SMAN 77 Jakarta memiliki berbagai macam kreativitas antara lain, mengembangkan materi pembelajaran, menciptakan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


lingkungan kelas yang interaktif, dan memainkan berbagai macam peran dikelas, (2) Guru tersebut menggunakan metode-metode kreatif seperti penggunaan ice-breaking sebelum memulai pembelajaran, mengajar menggunakan lagu, video, film, dan kahoot!, (3) Guru tersebut mengimplementasikan beberapa aktivitas dalam pengajaran berbicara seperti, dialog, permainan peran, cerita, debat, permainan kartu.


Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran Bahasa, terutama kemampuan berbicara, guru harus memiliki berbagai kreativitas. Peneliti memberikan saran bahwa guru dan murid harus bekerja sama untuk mendukung implementasi kreativitas pada proses pengajaran dan pembelajaran, terutama pada pembelajaran kemampuan berbiacara termasuk dengan mengimplementasikan berbagai kreativitas, metode, dan aktivitas.

Published
2021-12-13
How to Cite
OKTAVIANA, Dela -. KREATIFITAS GURU DALAM PENGAJARAN BERBICARA SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, dec. 2021. ISSN 2746-7139. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/4871>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2021.2.2.4871.
Section
Articles