PENGEMBANGAN MATERI AJAR PANTUN PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA 4
Abstract
Pantun merupakan salah satu hal yang tidak terlepas dari masyarakat Indonesia. Dengan kata lain, pantun adalah ciri khas Indonesia. Pantun telah ada sejak zaman dahulu. Akan tetapi dengan adanya berbagai perubahan yang terjadi atas perkembangan zaman, banyak ditemui pantun yang tidak sesuai dengan kaidah penulisannya, seperti suku kata dan rima yang tidak sesuai dengan aturan. Untuk itu, diperlukan adanya edukasi sejak dini terhadap penciptaan pantun khususnya agar pantun yang telah menjadi ciri khas Indonesia tidak hilang ditelan zaman. Materi mengenai pantun ini rupanya sudah diajarkan pada jenjang sekolah dasar atau lebih tepatnya pada kelas V. Untuk itu, tujuan dari penilitian ini adalah mengembangkan materi ajar pantun yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka yang menggunakan dokumen-dokumen seperti buku, jurnal, dan lainnya sebagai acuan. Memahami pantun bukan hanya hafal pengertiannya saja, tetapi perlu mendalami pula dalam kaidah-kaidahnya. Penggunaan pantun pun dapat disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi karena pantun mempunyai beragam jenis.
Kata Kunci: pantun, aturan, khas
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .