RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING SMA DI ERA PANDEMI
Abstract
Artikel yang berjudul “Respon Siswa Dalam Pembelajaran Daring SMA di Era Pandemi” tujuannnya adalah untuk memperoleh gambaran proses belajar mengajar di era pandemi menggunakan pembelajaran secara online. Artikel ini mengangkat media pembelajaran google meet dan google classroom karena media itu yang digunakan siswa pada pembelajaran jarak jauh di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Menggunakan media pembelajaran itu juga sangat cocok untuk kondisi saat ini yaitu pembelajaran jarak jauh. Semua menggunakan teknologi dan secara online,bahkan rapat sekarang bisa online juga. Penulis saat ini lebih menekankan pada pembelajaran jarak jauh,sehingga pembelajaran menggunakan via online dengan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengakses. Artikel ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif, karena melihat secara nyata pembelajaran yang sedang terjadi saat ini. penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan banyak menggunakan analisis. Tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk mengembangkan teori-teori dan pemahaman secara detail dengan analisis. Pembelajaran secara jarak jauh dan bekerja dari rumah adalah perubahan saat masa pademi covid-19. Ini,termasuk dalam perubahan baru seperti siswa yang belajar dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 3 berjumlah 35 per kelas. Cara mengambil data dengan 2 cara yaitu dengan observasi mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan google meet dan google classroom. Cara kedua membagikan kuesioner dengan google form lewat grup whatsApp. Hasil dari penelitian terdapat banyak kekurangan dan kelebihan dari penggunaan google meet dan google classroom, media yang digunakan sangat efekif untuk pembelajaran jarak jauh. Dilihat,zaman sekarang teknologi sudah sangat berkembang apalagi teknologi sudah masuk ke dunia pendidikan. Karena sekarang teknologi itu sudah menyebar luas di kalangan masyarakat apalagi di lingkungan anak muda sekalipun. Hasil penelitian ini bahwa terdapat beberapa media pembelajaran yang dipakai. Media pendidikan untuk pembelajaran jarak jauh sudah beragam mulai dari zoom, google meet, google classroom, grup whatsapp dan masih banyak variasi lainnya. Walaupun ada beberapa kelemahan dan kelebihan dari pembelajaran jarak jauh ini yang dirasakan oleh guru maupun siswa itu sendiri. Pembelajaran jarak jauh adalah sistem baru di dunia pendidikan di mana guru maupun siswa harus beradaptasi dengan sistem baru yang ada di dunia pendidikan. Seiring berjalannya waktu, pembelajaran jarak jauh akan menjadi suatu pembelajaran yang biasa di dunia pendidikan. Meskipun masih dalam masa pandemi pembelajaran jarak jauh tidak berjalan dengan mudah dan pasti ada hambatan tersendiri. Pembelajaran masih tetap berjalan agar dunia pendidikan semakin maju dan berkembang mengikuti kondisi yang ada.
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .