Peran Komponen Kurikulum dalam Pembeljaran Sastra Lokal di SMAN 1 Cikarang Utara

  • Seli Mauludani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Risma Pebriani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hilmy Azzah Fadhillah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Arifah Suci Sukmana Universitas Singaperbangsa Karawang
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2025.6.1.14774

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana komponen-komponen kurikulum dapat menjadi kunci dalam menciptakan pembelajaran sastra yang lebih sesuai dengan kebutuhan di SMAN 1 Cikarang Utara dengan menggunakan kurikulum merdeka. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menginvestigasi bagaimana elemen-elemen kurikulum seperti tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi diimplementasikan dalam konteks sehari-hari proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama untuk mencapai pembelajaran yang adaptif adalah kemampuan untuk memilih metode pembelajaran yang fleksibel dan menerapkan penilaian yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sastra lokal yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan individu masing-masing siswa.


Kata Kunci: komponen kurikulum, pembelajaran sastra lokal, Kurikulum Merdeka

Diterbitkan
2025-04-11
##submission.howToCite##
MAULUDANI, Seli et al. Peran Komponen Kurikulum dalam Pembeljaran Sastra Lokal di SMAN 1 Cikarang Utara. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 56-66, apr. 2025. ISSN 2746-7139. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/14774>. Tanggal Akses: 18 sep. 2025 doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2025.6.1.14774.
Bagian
Articles