Peran Komponen Kurikulum dalam Pembeljaran Sastra Lokal di SMAN 1 Cikarang Utara
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana komponen-komponen kurikulum dapat menjadi kunci dalam menciptakan pembelajaran sastra yang lebih sesuai dengan kebutuhan di SMAN 1 Cikarang Utara dengan menggunakan kurikulum merdeka. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menginvestigasi bagaimana elemen-elemen kurikulum seperti tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi diimplementasikan dalam konteks sehari-hari proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama untuk mencapai pembelajaran yang adaptif adalah kemampuan untuk memilih metode pembelajaran yang fleksibel dan menerapkan penilaian yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sastra lokal yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan individu masing-masing siswa.
Kata Kunci: komponen kurikulum, pembelajaran sastra lokal, Kurikulum Merdeka
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .