Implementation of Indonesian Language Teaching Module In SMA N 1 Sukoharjo and SMA N 6 Surakarta

  • Anya Zofia Universitas Sebelas Maret, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Chelvica Aqilla Eyvo Mahendrajaya Universitas Sebelas Maret
  • Faizatul Irbah Universitas Sebelas Maret
  • Jeanitta Shinta Hutami Universitas Sebelas Maret
  • Lutfia Asmi Rosita Universitas Sebelas Maret
  • Sarwiji Suwandi Universitas Sebelas Maret
  • Titi Setiyoningsih Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penyusunan dan implementasi modul ajar pada kurikulum merdeka memerlukan adaptasi. Perbedaan kualifikasi sumber daya menyebabkan adanya perbedaan penyusunan dan implementasi  modul  bahasa Indonesia di jenjang SMA. Penelitian dilakukan dengan tujuan  memberi analisis dan deskripsi dalam penyusunan, pengenalan, penerapan, dan dampak penggunaan modul ajar bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sukoharjo dan SMA  Negeri  6  Surakarta.  Jenis metode  yang diterapkan dalam melaksanakan penelitian yaitu metode kualitatif. Sedangkan jenis metode pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian ini melalui wawancara kepada guru mata  pelajaran  bahasa  Indonesia  di  SMA  Negeri  1  Sukoharjo  dan  SMA  Negeri  6 Surakarta. Sumber data yang menjadi rujukan adalah hasil wawancara dan studi kasus terkait. Dari penelitian  yang telah dilakukan, terlihat adanya beberapa persamaan  dan  perbedaan pada kedua sekolah sebab kemampuan sekolah yang berbeda pula. Penelitian ini substansial karena menunjukkan gambaran penyusunan dan penggunaan modul ajar serta pengaruhnya di satu wilayah yang dapat dijadikan referensi dan evaluasi.


Kata Kunci: Bahasa Indonesia, kurikulum merdeka, modul ajar

Published
2024-12-02
How to Cite
ZOFIA, Anya et al. Implementation of Indonesian Language Teaching Module In SMA N 1 Sukoharjo and SMA N 6 Surakarta. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 169-179, dec. 2024. ISSN 2746-7139. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/12441>. Date accessed: 13 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2024.5.2.12441.
Section
Articles