Implementation of Indonesian Language Teaching Module In SMA N 1 Sukoharjo and SMA N 6 Surakarta
Abstract
Penyusunan dan implementasi modul ajar pada kurikulum merdeka memerlukan adaptasi. Perbedaan kualifikasi sumber daya menyebabkan adanya perbedaan penyusunan dan implementasi modul bahasa Indonesia di jenjang SMA. Penelitian dilakukan dengan tujuan memberi analisis dan deskripsi dalam penyusunan, pengenalan, penerapan, dan dampak penggunaan modul ajar bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sukoharjo dan SMA Negeri 6 Surakarta. Jenis metode yang diterapkan dalam melaksanakan penelitian yaitu metode kualitatif. Sedangkan jenis metode pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian ini melalui wawancara kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sukoharjo dan SMA Negeri 6 Surakarta. Sumber data yang menjadi rujukan adalah hasil wawancara dan studi kasus terkait. Dari penelitian yang telah dilakukan, terlihat adanya beberapa persamaan dan perbedaan pada kedua sekolah sebab kemampuan sekolah yang berbeda pula. Penelitian ini substansial karena menunjukkan gambaran penyusunan dan penggunaan modul ajar serta pengaruhnya di satu wilayah yang dapat dijadikan referensi dan evaluasi.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, kurikulum merdeka, modul ajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .