ALIH WAHANA CERITA RAKYAT WATU LAWANG SEBAGAI NASKAH DRAMA WATU LAWANG DAN RELEVANSINYA BAGI BAHAN AJAR DRAMA DI SMA NEGERI 2 PURBALINGGA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) Alih wahana cerita rakyat Watu Lawang ke dalam naskah drama Watu Lawang pada alur. (2) Alih wahana cerita rakyat Watu Lawang ke dalam naskah drama Watu Lawang pada latar. (3) Alih wahana cerita rakyat Watu Lawang ke dalam naskah drama Watu Lawang pada penokohan. (4) Relevansi alih wahana cerita rakyat Watu Lawang ke dalam naskah drama Watu Lawang dengan bahan ajar drama di SMA Negeri 2 Purbalingga. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan content analysis. Sumber data pada penelitian ini adalah dokumen cerita rakyat dan naskah drama Watu Lawang, informan 2 guru bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 2 Purbalingga. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara terpadu. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian sebagai berikut. Satu, hasil alih wahana cerita rakyat Watu Lawang sebagai naskah drama Watu Lawang pada alur banyak terjadi penambahan pada naskah drama.
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .