KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG
Abstract
Tujuan dari penelitian yakni untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis calon guru matematika saat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi peluang. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 17 mahasiswa jurusan Tadris Matematika Universitas Al-Qolam Malang. Data dikumpulkan melalui tes uraian yang menilai kefasihan, keluwesan, kebaruan, dan kerincian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas calon guru menggunakan lebih dari satu metode untuk menghitung, tetapi terdapat beberapa yang masih kurang tepat. Persentase yang diperoleh terbagi dalam kategori sangat kreatif (0%), kreatif (29,41%), cukup kreatif (35,31%), kurang kreatif (17,64%), dan sangat kurang kreatif (17,64%). Indikator kefasihan yang dapat dipenuhi mencapai persentase 70,59%, keluwesan 75%, kebaruan 27,94%, dan kerincian 27,94%. Secara keseluruhan, kemampuan berpikir kreatif matematis calon guru matematika dianggap cukup kreatif, tetapi masih belum optimal dalam indikator kerincian dan kebaruan. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk merancang model pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, terutama dalam hal kerincian dan kebaruan, serta untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pendidikan matematika.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Each article is copyrighted © by its author(s) and licensed under CC BY-NC-ND License.