ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH STATISTISBERDASARKAN TEORI KASTOLAN
Abstract
Statistika merupakan suatu ilmu matematika yang sangat penting bahkan dianjurkan untuk dapat difahami dalam kehidupan. Oleh sebab itu, siswa harus dapat mengerti konsep yaang digunakan dengan baik. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa serta mengetahui apakah siswa dapat mengikuti prosedur dengan baik atau tidak yang mungkin disebabkan karena kurangnya latihan dan ketelitian dalam memecahkan persoalan yang diberikan berdasarkan kesalahan kastolan. Metode dalam penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Siswa di kelas X IPS 2 pada Madrasah Aliyah di Undaan Kudus yang berjumlah 17 siswa merupakan subjek dari penelitian ini dengan menggunakan test tertulis dengan 5 soal cerita berbentuk uraian mengenai materi statistika. Analisis ini menyimpulkan bahwa dalam menyelesaikan permasalahan siswa masih sering melakukan kesalahan karena mereka belum memahami konsep penggunaan rumus, salah dalam menyusun langkah-langkah yang sesuai, dan kurang teliti dalam mengitung.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Each article is copyrighted © by its author(s) and licensed under CC BY-NC-ND License.