POLA INTERAKSI INDIVIDU DAN KELOMPOK DALAM PEMBENTUKAN SOLIDARITAS KOLEKTIF PADA FILM LASKAR PELANGI

  • Anggi Yus Susilowati Program Studi Sosiologi Agama, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Aulia Nur Sya'baniah Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan pola interaksi individu dan kelompok dalam film Laskar Pelangi sebagai mekanisme kunci pembentukan solidaritas kolektif. Menggunakan desain kualitatif dengan jenis Analisis Isi Kualitatif, penelitian ini berfokus pada penafsiran makna sosial mendalam dari interaksi verbal dan non-verbal antara karakter utama (Laskar Pelangi) dan kelompok mereka, dipandu oleh kerangka teoritis Interaksionisme Simbolik. Hasil penelitian mengidentifikasi tiga pola interaksi simbolik utama yang menggerakkan transformasi solidaritas. Pertama, Pola Negosiasi Makna, di mana kelompok secara kolektif menolak makna negatif kemiskinan (simbol sekolah reyot dan ancaman penutupan) dan mengonversinya menjadi simbol perjuangan dan harapan. Kedua, Pola Pertukaran Simbolis Berdasarkan Kompetensi Unik, yang mendorong Solidaritas Organik melalui alokasi status berbasis meritokrasi (Lintang sebagai simbol kecerdasan dan Mahr sebagai simbol imajinasi), menciptakan saling ketergantungan fungsional. Ketiga, Pola Ritual Interaksi dan Penciptaan Simbol Identitas (seperti penamaan "Laskar Pelangi"), yang membangkitkan collective effervescence dan memperkuat ikatan moral mereka. Puncak solidaritas ditunjukkan melalui pengorbanan simbolis Lintang, yang diinternalisasi sebagai mitos pendiri yang memelihara komitmen kolektif. Kesimpulannya, solidaritas Laskar Pelangi adalah produk konstruksi simbolis dan dinamis, bukan sekadar hasil kesamaan nasib. Interaksi simbolik mikro ini berhasil menciptakan The Generalized Other dan Looking-Glass Self yang positif, mengubah kohesi berbasis kebutuhan menjadi komitmen moral tak terpatahkan dan menjadikan solidaritas kolektif mereka sebagai modal kultural efektif untuk melawan hegemoni struktur.

References

Angka Partisipasi Sekolah (APS) Menurut Provinsi, 2023. (2023). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MzAxIzI=/angka-partisipasi-sekolah---a-p-s--.html

Bagtayan, Achmad, Z. (2018). Potret perjuangan masyarakat Melayu dalam novel Laskar Pelangi (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra). Ideas Publishing.

Bandura, A. (2024). Social learning theory. In Elgar Encyclopedia of Cross-Cultural Management (pp. 133–134). General Learning Press. https://doi.org/10.4337/9781803928180.ch33

Blumer, H. (2004). Symbolic interactionism. In The Social Science Encyclopedia. University of California. https://doi.org/10.4135/9781452233925.n20

Durkheim, E. (1984). The division of labor in society. In Critical Sociology (Issue 1). The Macmillan Press Ltd. https://doi.org/10.1177/089692058001000108

Durkheim, E. (2023). The division of labour in society. Routledge.

Faisol, A. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel (Study tentang Pendidikan Karakter pada Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5053

Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. SAGE Publications.

Lidya Ivana Rawung. (2013). Analisis Semiotika Pada Film Laskar Pelangi 2013. Acta Diurna, Vol.I.No.1(I).

Mar’ati, K. K., Setiawati, W., & Nugraha, V. (2019). Analisis Nilai Moral Dalam Novel “Laskar Pelangi.” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(4), 1–8.

Martono, N. (2010). Kritik Sosial Terhadap Praktik Pendidikan Dalam Film Laskar Pelangi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 341–350. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.466

Martono, N. (2014). Metode penelitian kualitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder. Rajawali Pers.

Ryan, M., & Kellner, D. (1988). Camera politica: The politics and ideology of contemporary film. routledge. Indian University Press.

Saldana, J. (2013). The coding manual for qualitative researchers (3rd edition). In Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal (Vol. 12, Issue 2). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1108/qrom-08-2016-1408

Salsabila, ghina, & Yulifar, L. (2022). Wajah Perfilman Indonesia Pada Tahun 1998-2019. Factum, 11(1), 93–106. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/factum.v11i1.45821

Shenton, A. K. (2004). Strategies for ensuring trustworthiness in qualitative research projects. Education for Information, 22(2), 63–75. https://doi.org/10.3233/EFI-2004-22201

Wacquant, L. (2013). Symbolic power and group-making: On Pierre Bourdieu’s reframing of class. Journal of Classical Sociology, 13(2), 274–291. https://doi.org/10.1177/1468795X12468737
Published
2025-12-17
How to Cite
SUSILOWATI, Anggi Yus; SYA'BANIAH, Aulia Nur. POLA INTERAKSI INDIVIDU DAN KELOMPOK DALAM PEMBENTUKAN SOLIDARITAS KOLEKTIF PADA FILM LASKAR PELANGI. Jurnal Interaksi Sosiologi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 52-69, dec. 2025. ISSN 1412-7229. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/18418>. Date accessed: 18 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/jis.v5i1.18418.
Section
Jurnal Interaksi Volume 5 Nomor 1 2025