Analisis Konten Edukasi Hak Asasi Manusia Pada Kanal Youtube Virtual Education Academy

  • Hidayati Purnama Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Peningkatan pemahaman tentang HAM selain dalam mata pelajaran di sekolah, dapat mempelajarinya melalui media sosial YouTube karena paling banyak diakses di Indonesia. Salah satu kanal YouTube yang mengunggah edukasi HAM adalah Virtual Education Academy. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana penyajian materi HAM melalui konten-konten yang diunggah Virtual Education Academy pada kanal YouTube miliknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi kualitatif untuk menginterpretasikan konten-konten terkait edukasi HAM yang diunggah di kanal YouTube Virtual Education Academy (VEA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa VEA berhasil mengunggah sebanyak 466 konten video di mana 43 ialah konten edukasi HAM dan membaginya ke dalam dua daftar putar. Konten-konten itu dikategorikan ke dalam delapan kelompok yaitu hak fundamental, hak hukum, hak sipil, hak sosial ekonomi serta konten khusus, konten kesatuan, konten kelompok rentan, dan konten kampanye. VEA memiliki potensi dari mengunggah konten edukasi HAM dengan berhasil mencapai 99 ribu penayangan, menggunakan format video menarik, dan membuka fitur komentar sebagai media penyampaian gagasan. Adapun, tantangan yang dihadapi VEA yaitu risiko penyebaran informasi ulang tanpa memperhatikan kredibilitas dan persaingan dengan kanal sejenis. Meskipun demikian, platform YouTube dapat menjadi media yang efektif untuk menyebarluaskan edukasi HAM kepada masyarakat luas melalui pendekatan visual dalam video konten.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. EDUSIANA Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1), 74-88. doi:https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.19
Budi, R. I. (2017). Program Advocacy and Public Awareness oleh Under The Same Sun Sebagai Bentuk Perlindungan Hak Asasi Manusia Orang-orang dengan albinisme di Tanzania (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Budiardjo, M. (1985). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.
Dalimunthe, M. A., Siregar, A. A., & Marsanda, S. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa: Studi Kasus di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara. AHKAM: Jurnal Hukum Islam dan Humaniora, 3(1), 78-85. doi:https://doi.org/10.58578/ahkam.v3i1.2504
Ginting, A. R. (2020). Perlindungan Hak Moral dan Hak Ekonomi Terhadap Konten YouTube Yang Dijadikan Sumber Berita (Protection of Moral Rights and Economic Rights on The Youtube Content As The Source of News). JURNAL ILMIAH KEBIJAKAN HUKUM, 14(3), 579-596. doi:http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2020.V14.579-596
Hapsari W, A. R., & Armando, A. (2017). Analisa kesuksesan kanal media Youtube Kok Bisa = Analysis of successfull Youtube channel Kok Bisa. Diambil kembali dari https://lib.ui.ac.id/detail?id=20468692&lokasi=lokal#:~:text=YouTube%20sendiri%20merupakan%20kanal%20media,membuat%20pengguna%20YouTube%20menjadi%20prosumer.
Hukumonline.com. Diambil kembali dari https://www.youtube.com/@hukumonlinevideo/videos
Izzah, L., & Renaningtyas, P. C. (2021). Wacana Hak Asasi Manusia Dalam Filsafat Pendidikan Islam dan Barat. Al'Adalah, 24(1), 45-53. doi:https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.54
Juditha, C. (2020). Analisis Netiket Konten Youtube Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Komunikasi, 24(1), 45-58. doi:10.20422/jpk.v24i1.738
KBBI VI Daring. Diambil kembali dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/
Majalah, What is Democracy. (1991). United State Information Agency.
Mamonto, R. A., Muzaini, M. C., Supriadi, M., & Prastowo, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Video Edukasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(4), 443-455. doi:https://doi.org/10.69896/modeling.v10i4.1896
Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial: Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Miftahul, K., & Rifa'i, A. (2023). Implikasi Ceramah Keagamaan YouTube Gus Muwafiq Official
Terhadap Kesadaran Cinta Tanah Air Santri Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy'ari Sewon Bantul Yogyakarta. Jurnal Literasiologi, 10(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i2.601
New York Time Licensing. Diambil kembali dari https://nytlicensing.com/latest/methods/6-types-educational-content-teaching-and-learning/
Oktaviani, T. (2024, Mei 6). nasional.kompas.com. Diambil kembali dari Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2024/05/06/12000031/syarat-usia-masuk-tk-sd-smp-dan-sma-di-ppdb-2024
Panjaitan, D., Sinaga, E., & Nababan, D. (2024). Cara Meningkatan Kesadaran Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Media Sosial: Studi Menurut Alkitab. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 1(2), 64-71. doi:https://doi.org/10.69714/98633h89
Phlanx. YOUTUBE ENGAGEMENT CALCULATOR. Diambil kembali dari https://phlanx.com/youtube-engagement-calculator
Purwantoro, S. A., Syahardani, R., Hermawan, E., Kuvaeni, A., & Indarti. (2021). Media Sosial: Peran dan Kiprah Dalam Pengembangan Wawasan Kebangsaan Social Media: Role and Gait in the Development Of National Insights. Jurnal Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia , 9(4), 55-79. doi:https://doi.org/10.55960/jlri.v9i4.416
Putri, R., & Sulistyanto, A. (2022). Analisis Isi Konten Edukasi Funfact Pada Akun TikTok@ Buiramira. Verba Vitae Unwira, 3(1), 48-64. Diambil kembali dari https://journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/article/view/1856
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabet.
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah.
QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Thaib, E. J. (2021). Problematika Dakwah Di Media Sosial. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Umasugi, M. T. (2021). Sosialisasi dan Edukasi Pemberian Vaksin Sebagai Upaya TrustPada Masyarakat Kota Ambon. JAHE: Journal of Human and Education, 1(2), 5-7. doi:https://doi.org/10.31004/jh.v1i2.12
Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 1999. Hak Asasi Manusia. Jakarta: Sinar Grafika.
Virtual Education Academy. Diambil kembali dari http://www.youtube.com/@VirtualEducationAcademy
Virtual Education Academy. (2022, Februari 16). No. 01 - human rights For Education - born free and equal - bebas dan sama, Tanpa Perbedaan. Diambil kembali dari https://youtu.be/wMBOI1mrpPs?si=aC6i8gJ8LDFdyY05
Virtual Education Academy. virtualeduacademy.com . Diambil kembali dari Virtual Edu Academy: https://virtualeduacademy.com/
We Are Social. (2020). Diambil kembali dari https://wearesocial.com/digital-2020
Yunus, N., Setiawan, R., & Rohmah, S. N. (2022). REPOSITION OF THE UNIVERSAL DECLARATION OF HUMAN RIGHTS IN THE STATE LEGAL SYSTEM. Al Qisthas Jurnal Hukum dan Politik, 13(2), 64-77.
Zulfikar, M. (2023, Februari 7). ANTARA Kantor Berita Indonesia. (H. Soebanto, Editor) Diambil kembali dari antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/3384306/kemenkumham-masyarakat-masih-banyak-yang-tidak-pahami-esensi-ham
Published
2025-05-15
How to Cite
PURNAMA, Hidayati. Analisis Konten Edukasi Hak Asasi Manusia Pada Kanal Youtube Virtual Education Academy. Jurnal Interaksi Sosiologi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 51-64, may 2025. ISSN 1412-7229. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/13820>. Date accessed: 01 july 2025.
Section
Jurnal Interaksi Volume 4 Nomor 2 2025