Peran Media Digital sebagai Strategi Perencanaan Pertunjukan Seni Karawitan : Studi Kasus di Sanggar Karawitan Sekar Dewi Banyumas

  • Muhamad Wahyu Romadhan Universitas Jenderal Soedirman
  • Putri Roihana
  • Hidayati Purnama
  • Fatya Nurnayla
  • Ishfa Azizah
  • Abiyaz Hasyim

Abstract

Artikel ini menggambarkan peran media digital sebagai strategi perencanaan seni karawitan. Penelitian ini dilakukan di salah satu sanggar karawitan Banyumas, yaitu Sanggar Sekar Dewi yang terletak di Desa Wiradadi, Sokaraja, Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapatkan gambaran secara luas dan mendalam mengenai kesenian karawitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media digital dapat berperan dan dijadikan sebagai strategi perencanaan pertunjukan seni karawitan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa karawitan Banyumas memiliki perbedaan dengan karawitan Solo, Yogyakarta, dan Sunda. Perkembangan teknologi yang semakin pesat memunculkan media digital. Kemunculan media digital tersebut memberikan perubahan pada kesenian karawitan. Pertunjukan seni karawitan saat ini juga dapat dinikmati secara daring, meskipun esensi dan perasaan yang dihasilkan akan berbeda jika melihat pertunjukan seni karawitan secara langsung karena apabila melihat pertunjukan seni karawitan melalui media digital, maka tidak akan menumbuhkan ikatan batin antara penonton dengan pelaku seni. Media digital juga berdampak pada minat masyarakat, terutama generasi muda, sehingga seni karawitan mengalami penurunan apresiasi dan partisipasi dari masyarakat. Akan tetapi, di sisi lain media digital juga dapat memudahkan dalam memperluas dan melestarikan seni karawitan kepada masyarakat luas, sehingga media digital yang ada saat ini berperan dalam perkembangan seni karawitan dan dapat dijadikan sebagai strategi untuk memperkenalkan seni karawitan.

References

Adiyanto. (2024). Perkembangan Seni Karawitan Saat Ini. Cak Durasim : Info Dan Berita Taman Budaya. https://cakdurasim.com/artikel/perkembangan-seni-karawitan-saat-ini
Artana, I. N. R., Ardana, I. M. D. W., & Suyasa, N. L. C. P. S. (2022). Balinese Gamelan Learning Process During the Covid-19 Pandemic: Sosioedukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(2), 265–281. http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/2150
Dewantara, G. W., & Agustin, S. M. (2019). Pemasaran Musik pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik dalam Industri 4.0 di Indonesia. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.729
Dwihantoro, P., Susanti, D., Sukmasetya, P., & Faizah, R. (2023). Digitalisasi Kesenian Njanen: Strategi Pelestarian Kebudayaan Melalui Platform Sosial Media. Madaniya, 4(1), 156–164. https://doi.org/https://doi.org/10.53696/27214834.363
Fauziah, Z. F. (2020). Pengaruh Konflik Peran Ganda Dan Keseimbangan Kehidupan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pada Karyawati Tambang Batu Bara. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 255. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4909
Habibah, A. F., & Irwansyah, I. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350–363. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255
Iswangga, K. D., Muttaqin, M. M., & Wiyoso, J. (2020). Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Karawitan Di SMA Negeri 1 Pemalang. Jurnal Seni Musik, 9(2), 109–118. https://doi.org/10.15294/jsm.v9i2.37463
Jati, N. K., & Apriani, W. L. (2023). Metode Pelatihan Tari pada Anak Usia Dini dengan Aplikasi Pedagogis di Lingkungan Sanggar Tari Kelurahan Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Seni, 4(2), 141–156. https://doi.org/10.24821/jps.v4i2.11171
Julia, M., & Masyururoh, A. J. (2022). Literature Review Determinasi Struktur Organisasi: Teknologi, Lingkungan Dan Strategi Organisasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 383–395. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.895
LP2M. (2021). Melestarikan Kembali Kesenian Karawitan yang Hampir Ditinggalkan Generasi Muda. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://lppm.uin-suka.ac.id/id/berita/detail/3660/blog-post.html
Lubis, M. N. (2023). Tinjauan Pustaka: Youtube Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Seni Nusantara di Era Milenial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(3), 489–492.
Lubis, R. W., Kurniati, N., & HMZ, N. (2023). Studi Deskriptif Pesan Ibrah Kisah Anak Ambisius Mengejar Mimpi. Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication, 3(1), 143–149. https://doi.org/10.29313/bcsibc.v3i1.7013
Paskasari, C. S. (2020). Kapasitas Kelembagaan Pengelola Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Jurnal Pariwisata Terapan, 4(1), 12. https://doi.org/10.22146/jpt.48259
Prabowo, C., Arisyanto, P., & Damayani, A. T. (2019). Fungsi Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar Negeri Sendangguwo 01 Semarang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 553. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22313
Prajawati, Y. T. (2020). Peran Pemerintah Daerah Kebumen dalam Melestarikan Tari Lawet sebagai Sarana Memperkenalkan Komoditas Lawet dari Kabupaten Kabumen. Open Journal Systems, 15(1), 3833–3840.
Priyatmoko, H. (2019). Artists and Performing Arts in Kampoong Kemlayan, Surakarta. Jantra., 14(2), 117–128. https://doi.org/10.52829/jantra.v14i2.90
Purba, C., Napitu, U., Matondang, M. K. ., & Purba, E. (2022). Sosialisasi Peranan Maujana Nagori dalam Membina Harmonisasi Kehidupan Masyarakat yang Multietnik di Nagori Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar. 2(1), 19–42. https://doi.org/https://doi.org/10.36985/jpmsm.v2i1.502
Qomariyah, S. N. (2019). Faktor-Faktor Sosial Yang Mempengaruhi Eksistensi Kesenian Karawitan Di Desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Conference on Research & Community Services, 1(1), 658–664.
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. GLOBAL KOMUNIKA, 1(1), 18–29. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704
Raharti, R., Laras, T., Jatmiko, B., & Kurniawan, A. (2023). Pemberdayaan Kelompok Seni di Dusun Nitiprayan Bantul. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 85–91. https://doi.org/10.35912/yumary.v4i1.2458
Rikarno, R., & Saaduddin. (2020). New Media: Langkah Pelestarian Kesenian Tradisional Saluang Dendang oleh Kelompok Seni Cimpago Talang. Jurnal Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 23(1), 63–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i1.1619
Sabila, A. Q., Darmawanti, E., & Aulia, U. (2024). Iplementasi Strategi Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SMP Pertiwi 2 Padang Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 17–25.
Santoso, I. B., Sunarto, B., Santosa, S., & Mistortoify, Z. (2023). Ungkapan Estetika Karawitan Jawa pada Reproduksi Rekaman Gamelan Ageng Surakarta. Resital:Jurnal Seni Pertunjukan, 24(1), 10–21. https://doi.org/10.24821/resital.v24i1.8885
Setiawan, A. Y., Adzan, N. K., & Putra, R. W. (2021). Persepsi Siswa Sma Di Bandar Lampung Terhadap Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Seni Pertunjukan Virtual. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 6(2), 177–190. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v6i2.12902
Sidik, Y. P., Wiyoso, J., & Widjajantie, K. (2019). Strategi Pembelajaran Karawitan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smp Negeri 1 Bodeh Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Jurnal Seni Musik, 8(2), 138. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jsm.v8i2.33301
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Supiarza, H. (2022). Fungsi Musik di Dalam Film: Pertemuan Seni Visual dan Aural. Cinematology, 2(1), 78–87. https://ejournal.upi.edu/index.php/Cinematology/article/download/42417/18213
Susanto, R. A., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Karawitan terhadap Rasa Cinta Budaya Jawa di SDN Sumberagung. Khazanah Pendidikan (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 17(2), 247–256. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18421
Wardatuzzubaidah. (2024). Eksplorasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of IslamicEducation Studies), 4(2), 420–427. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.130
Wisman, Y., & Cukei. (2023). Peranan Media Belajar Digital Dalam Mempertahankan Budaya Lokal Indonesia Di Era Globalisasi Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan. Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 38–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v10i1.375
Yulaeliah, E. (2021). Kontruksi Identitas Budaya Sunda Masyarakat Jawa Barat Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selonding, 16(2), 70–90. https://doi.org/10.24821/sl.v16i2.5054
Yusuf, M. (2019). Strategi manajemen perubahan pola pikir sdm guna menghadapi persaingan era industri 4.0 pada industri manufaktur. Seminar Nasional Dan The 6th Call for Syariah Paper Universitas Muhammadiyah Surakarta, 648–664. https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4508
Published
2024-10-14
How to Cite
ROMADHAN, Muhamad Wahyu et al. Peran Media Digital sebagai Strategi Perencanaan Pertunjukan Seni Karawitan : Studi Kasus di Sanggar Karawitan Sekar Dewi Banyumas. Jurnal Interaksi Sosiologi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 32-45, oct. 2024. ISSN 1412-7229. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/12531>. Date accessed: 18 mar. 2025.
Section
Jurnal Interaksi Volume 4 Nomor 1 2024