PENGEMBANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA BAGIAN KEUANGAN PT. XYZ
Abstract
Perusahaan yang tidak memiliki Standard Operating Procedure (SOP), maka akan berdampak negatif bagi perusahaan. Dalam hal ini, karyawan yang tidak mengikuti prosedur atau instruksi yang ditetapkan akan menimbulkan banyak masalah pada pelaksanaan kerjanya. Peneliti ingin merancang standar operasional prosedur (SOP) khususnya di bagian keuangan yang tidak mengalami pembaruan selama 15 tahun. Hal ini dapat mengurangi kesalahan masa lalu dan memperjelas bagaimana SOP dapat membuat karyawan memahami proses dan tanggung jawab yang diterima. Metode kerja praktek yang digunakan penulis adalah wawancara dan observasi dengan manajer dan staf PT. XYZ untuk mendapatkan informasi dan data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan desain dan implementasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa sangat penting bagi PT. XYZ untuk memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) agar karyawan dapat meminimalisir kesalahan dan PT. XYZ juga memiliki jalur yang jelas bagi karyawan untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.