PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)

Main Article Content

Zulfi Rahmawati Titi Nurfitri Ekaningtyas Widiastuti

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pengendalian diri, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi mulai dari angkatan 2017 sampai 2019 yang berstatus aktif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 107 mahasiswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh negatif signifikan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif; (2) Terdapat pengaruh negatif signifikan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif; (3) Terdapat pengaruh positif signifikan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Implikasi penelitian ini adalah perlunya meningkatkan literasi keuangan melalui pembelajaran yang lebih inovatif dan pengendalian diri untuk meminimalisir perilaku konsumtif.

Article Details

How to Cite
RAHMAWATI, Zulfi; NURFITRI, Titi; WIDIASTUTI, Ekaningtyas. PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN). Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 16 - 28, apr. 2022. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/5548>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v4i1.5548.
Section
Articles