TRANSFER PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN EKONOMI INFORMAL: REVITALISASI NILAI DAN MOTIF KAIN SUTERA DI KABUPATEN WAJO DALAM ERA FASHION MODERN

  • Asriani Asriani Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Dinar Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Hasan Universitas Negeri Makassar
  • Muh Ihsan Said Universitas Negeri Makassar
  • Inanna Inanna Universitas Negeri Makassar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji aspek transfer pengetahuan dalam perspektif
pendidikan ekonomi informal melalui model SECI Nonaka dan mengkaji proses revitalisasi
produk kain sutera dalam pengembangan produk yang berbasis fashion modern. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti
observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi transfer pengetahuan yaitu (1) terciptanya pengetahuan baru dan inovasi seperti modifikasi motif dan diversifikasi produk kain sutera yang merupakan keberhasilan proses konversi transfer pengetahuan. (2) memberikan pembaharuan yang merujuk pada perubahan berbasis modern bagi perkembangan industri pensuteraan di Kabupaten Wajo dengan mengkomunikasikan nilai-nilai filsofi kain sutera melalui produk-produk aplikasi kain sutera untuk merevitalisasikan dan menjaga ketahanan eksistensi kain sutera.

Published
2021-10-20
How to Cite
ASRIANI, Asriani et al. TRANSFER PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN EKONOMI INFORMAL: REVITALISASI NILAI DAN MOTIF KAIN SUTERA DI KABUPATEN WAJO DALAM ERA FASHION MODERN. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 58-70, oct. 2021. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/3978>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v3i2.3978.
Section
Articles