Pengaruh Faktor Determinan terhadap Keberhasilan Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana di Kabupaten Banyumas

  • Amyati Amyati Magister Administrasi Publik, Universitas Jenderal Soedirman
  • Denok Kurniasih Jurusan Administrasi Publik, Universitas Jenderal Soedirman
  • Tobirin Tobirin Jurusan Administrasi Publik, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

 

Permasalahan dalam implementasi program Kampung keluarga berencana hingga saat ini masih banyak mengalami kendala, sehingga realisasi program KB bagi masyarakat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji faktor  komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi terhadap tingkat keberhasilan implementasi program Kampung KB. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Banyumas, menerapkan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menggambarkan keberhasilan implementasi program Kampung KB mengalami peningkatan, meliputi pencapaian program Tribina 67% dan tingkat kesadaran masyarakat dalam program Kampung KB 71,1% sehingga mampu mendorong pertumbuhan pencapaian keikutsertaan Program KB, peningkatan keharmonisan rumah tangga dan keikutsertaan masyarakat dalam penggunaan produk KB. komunikasi, disposisi dan struktur birokrasi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan implementasi program Kampung KB. Sumber daya memiliki pengaruh yang lemah terhadap keberhasilan implementasi program Kampung KB yang disebabkan perencanaan kegiatan dan anggaran, sarana dan prasarana kurang sesuai dengan kebutuhan alokasi di lapangan. Namun pelaksanaan program tetap didukung terpenuhinya kebutuhan SDM pelaksana teknis sebagai tenaga lini lapangan dengan sebagian besar IMP atau kader memiliki masa kerja lebih dari lima tahun sehingga sudah memiliki ketrampian dan pengalaman dalam program Kampung KB. Sebagai kesimpulan peningkatan keberhasilan program Kampung KB ditentukan oleh faktor komunikasi yang jelas dan berkelanjutan, disposisi para implementator khususnya IPM sebagai tenaga lini lapangan, dan struktur birokasi perangkat daerah dan BKKBN. Sumber daya masih menjadi faktor penghambat program disebabkan sistem perencanaan kegiatan dan anggaran yang bersifat topdown yang berdampak pada ketidak sesuaian rencana kegiatan dan alokasi anggaran dengan kebutuhan prioritas kelompok sasaran.


Kata Kunci: Disposisi, Implementasi, Komunikasi, Program Kampung KB, Struktur Birokrasi, Sumber Daya

References

Agustino Leo. 2017. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfa Beata, Bandung.

D.S. van Meter & C.E., van Horn. 1975. “The Policy Implementation Process A Conceptual Framework”, Administration & Society, 6(4), 445-488. hlm. 447

Edward, C George. 1980. Implementing Public Policy. Congressional Quartely Inc, Washington DC.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 5. BPFE Undip, Semarang.

Nur Fitria Ramadhani Tukiman T. 2020. Implementasi Program Kampung KB Di Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya. PAJ Vol 2 No.4. DOI: https://doi.org/10.33005/paj.v2i4.65.

Pratiwi, Niniek Lely dan Basuki, Heri. 2014. Health Seeking Behavior dan Aksesibilitas pelayanan Keluarga Berencana di Indonesia. Jurnal: Naskah layak terbit 29 Januari 2014.

Riant Nugroho, 2016. Kebijakan Publik di Negara-Negara Berkembang . Pustaka Pelajar, Yogyakarta. hal. 60.

Sahya Anggara. 2014. Kebijakan Publik. Pustaka Setia, Bandung. hal. 14

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

William N. Dunn. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Alih Bahasa: Samodra Wibawa,dkk. Gadjah Mada University Press,Yogyakarta. hal. 25.

Yang, N., Chen, C., Choi, J., and Zou, Y. 2020. Sources Of Work-Family

Conflict: A Sino-U.S. Comparison Of The Effects Of Work And Family
Demands. Academy of Management Journal, 43(1):113-123.
Published
2023-11-08
How to Cite
AMYATI, Amyati; KURNIASIH, Denok; TOBIRIN, Tobirin. Pengaruh Faktor Determinan terhadap Keberhasilan Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana di Kabupaten Banyumas. Public Policy and Management Inquiry, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 694-710, nov. 2023. ISSN 2714-626X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ppmi/article/view/9410>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ppmi.2023.7.2.9410.
Section
Articles