STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU PADA ERA KENORMALAN BARU DI KANTOR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Main Article Content

fibelia herlin eftasari

Abstract

Pemerintah sebagai pelayan masyarakat (public servant) mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang berkualitas di semua kondisi termasuk saat pandemi Covid-19. Peningkatan kasus Covid-19 sangat berdampak pada pelaksanaan pelayanan masyarakat karena kebijakan di era kenormalan baru yang harus dipatuhi. Pengambilan strategi pelayanan publik yang tepat dan diimplementasikan dengan baik sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di era kenormalan baru. Faktanya di kantor Kecamatan Purwokerto Utara strategi pelayanan yang di era kenormalan baru belum diimplementasikan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui dan menganalisis impelementasi strategi peningkatan kualitas pelayanan publik pada era kenormalan baru di Kantor Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas, dan faktor yang menjadi penentu dalam implementasi strategi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kantor Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Sasaran utama penelitian adalah Camat dan pegawai kantor Kecamatan Purwokerto Utara, dan sasaran pendukungnya adalah masyarakat penerima layanan. Pengambilan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa strategi peningkatan kualitas pelayanan administrasi terpadu pada era kenormalan baru di kantor Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas adalah melakukan pelayanan secara online dan of line, memunculkan inovasi berupa aplikasi pelayanan dan penerapan protokol kesehatan. Strategi tersebut dapat diimplementasikan sesuai prosedur dan berjalan dengan baik, walaupun belum optimal. Namun demikian sudah dapat meningkatkan kualitas pelayanan di kantor kecamatan Purwokerto Utara. Faktor pendukung implementasi strategi pelayanan adalah komitmen pegawai, kompetensi pegawai, dan sarana prasarana. Faktor penghambat adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang pelayanan online dan belum dapat menggunakan aplikasi online. Upaya  yang sudah dilakukan adalah melakukan sosialisasi tentang pelayanan secara online.


 


Kata Kunci: Strategi pelayanan, Peningkatan kualitas pelayanan, Era kenormalan baru

Article Details

How to Cite
EFTASARI, fibelia herlin. STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU PADA ERA KENORMALAN BARU DI KANTOR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Public Policy and Management Inquiry, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 479-493, aug. 2022. ISSN 2714-626X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ppmi/article/view/5286>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.ppmi.2022.6.1.5286.
Section
Articles