Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Data Covid-19 terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 dengan Protokol Kesehatan 3M (Studi pada Desa Mainan Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin Sumatra Selatan)

Main Article Content

RICHARDO PAKPAHAN

Abstract

Banyaknya orang yang terinfeksi COVID-19 dari hari ke hari menunjukkan upaya yang serius yang dilakukan untuk menghadapi dan mencegah COVID-19. Upaya dalam menghadapi dan mencegah dibutuhkan kerja sama Pemerintah dan masyarakat. Upaya yang dilakukan ini cocok digunakan dengan prinsip Good Governance dalam kajian Administrasi Publik. Prinsip yang demikian adalah prinsip Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi Masyarakat. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan antara Akuntabilitas sebagai Variabel Bebas (X1) dan Transparansi sebagai Variabel Bebas (X2) serta Partisipasi Masyarakat sebagai Variabel Terikat (Y). penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kuantitif, dengan teknik pengambilan data secara survey. Peneliti mengambil sampel sebanyak 94 orang, dengan teknik Simple Random Sampling. Untuk mengetahui besar pengaruh yang signifikan, peneliti menggunakan analisis data, seperti: korelasi kendalll tau-c digunkana untuk mengetahui besar pengaruh yang signifikan antara variable bebas (X) dengan variable terikat (Y) secara parsial. Sedangkan koefisien Konkordasi Kendall-W digunakan untuk besarnya mengetahui pengaruh yang signifikan antara variable bebas (X) dengan variable terikat (Y) secara simultan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengaruh Akuntabilitas (X1) dengan Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 dengan nilai signifikan sebesar 0,00 dan nilai koefisien sebesar 0,477 berarti pengaruh akuntabilitas terhadap partisipasi masyarakjat dalam pencegahan COVID-19 digolongkan sedang. Pengaruh Transparansi (X2) Data COVID-19 terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 dengan nilai signifikan sebesar 0,00 dan nilai koefisien sebesar 0,235 berarti pengaruh transparansi terhadap partisipaso masyarakat dalam pencegahan COVID-19 dikategorikan rendah. Sedangkan Pengaruh Akuntabilitas (X1) dan Transparansi (X2) secara bersama-sama dengan Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dengan nilai koefisien sebesar 0,762 berarti pengaruh akuntabilitas (X1) dan Transparansi (X2) Data COVID-19 secara bersama-sama terhadap partisipasi masyarakat dikategorikan tinggi.

Article Details

How to Cite
PAKPAHAN, RICHARDO. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Data Covid-19 terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 dengan Protokol Kesehatan 3M (Studi pada Desa Mainan Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin Sumatra Selatan). Public Policy and Management Inquiry, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 446-453, aug. 2022. ISSN 2714-626X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ppmi/article/view/5159>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.ppmi.2022.6.1.5159.
Section
Articles